Tokoh agama Maluku Arsal Tuasikal mengemukakan bahwa peringatan Maulid menjadi momen mengamalkan suri tauladan Nabi Muhammad SAW bagi milenial dan generari Z (gen Z) di era digitalisasi.

"Nilai-nilai moral dan perilaku yang dibawa oleh Nabi Muhammad tidak tergerus hingga saat ini. Oleh karena itu, milenial dan gen Z hingga saat ini juga bisa mencontoh nilai-nilai tersebut, di tengah derasnya arus digitalisasi saat ini," kata Arsal Tuasikal di Ambon, Kamis.

Menurut Arsal, transformasi nilai-nilai yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad, di antaranya bersikap jujur, bertanggung jawab, amanah, serta dan bagaimana milenial gen Z menjadi profesional dalam pekerjaannya di masa kini.

"Mereka juga bisa mencontoh kualitas karakter Nabi Muhammad secara individu, keterampilan, kemampuan berkomunikasi, hingga kemampuan Nabi Muhammad untuk menyesuaikan diri di dalam suasana sosial lainnya," ucapnya.

Arsal menilai hal tersebut cukup penting di tengah derasnya arus sosialisasi digital melalui berbagai laman media sosial.

"Karena sosialisasi digital beda dengan sosialisasi komunal, orang bisa berinteraksi tanpa bertemu. Artinya, transformasi nilai-nilai moral oleh Nabi Muhammad harus diambil milenial dan gen Z agar tak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dari media sosial," ujarnya.

Plt Kepala Baznas Maluku itu mengatakan momen Maulid Nabi Muhammad ini juga sebagai sarana silaturahim dan perwujudan dari rasa cinta kepada Rasulullah SAW.

"Semoga peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini, kita dapat meneladani sifat-sifat terpuji Rasulullah, untuk menebarkan kasih sayang di antara kita, sehingga keharmonisan dalam berinteraksi sosial bagi milenial dan gen Z pada masyarakat di Maluku, khususnya Kota Ambon senantiasa terpelihara dan terjaga dengan baik," katanya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Tokoh Agama: Maulid jadi momen amalkan suri tauladan Nabi Muhammad

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023