Komando daerah militer (Kodam) XVI Pattimura menggelar upacara tabur bunga untuk menghargai jasa para pahlawan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kapaha Ambon jelang HUT ke-78 TNI.

"Kegiatan yang dilakukan ini dalam rangka memperingati HUT TNI yang bertema 'TNI Patriot NKRI, pengawal demokrasi untuk Indonesia maju'," ujar Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Syafrial di Ambon, Rabu.

Rangkaian ziarah diawali dengan upacara penghormatan pada arwah para pahlawan, peletakan karangan bunga di tugu monumen TMP oleh inspektur upacara, kemudian dilanjutkan dengan doa bersama. Setelah upacara, dilanjutkan dengan acara tabur bunga oleh seluruh peserta ziarah.

Ziarah tersebut turut dihadiri oleh  Forkopimda Maluku, para pejabat utama (PJU) Kodam XVI/Pattimura, Lantamal IX/Ambon, Lanud Pattimura, Polda Maluku dan turut hadir Ketua Persit KCK PD XVI/Pattimura  Shinta Syafrial beserta pengurus, Ketua Korcab IX Daerah Jalasenastri Armada III Widiya Said Latuconsina beserta pengurus, Ketua Pia Ardhya Garini Cab 7/D.III Lanud Pattimura Nita Tiopan beserta pengurus serta Prajurit dan PNS Tri Matra.

Pangdam berharap dengan tabur bunga ini dapat menginspirasi generasi penerus sehingga semangat persatuan dan perjuangan para Pahlawan akan selalu terpateri di dada setiap warga Indonesia, khususnya masyarakat Maluku dan Maluku Utara.

"Perjuangan belum berakhir kita sebagai penerus memiliki tugas melanjutkan perjuangan para pendahulu, melalui karya terbaik demi kemajuan bangsa dan negara yang kita cintai," ucapnya.

Selain upacara tabur bunga di TMP Kapaha Ambon, Kodam Pattimura juga menggelar berbagai kegiatan sosial untuk menyambut HUT ke-78 TNI seperti donor darah, sunatan massal, bazaar UMKM, hingga olahraga bersama yang melibatkan forkopimda serta masyarakat di Maluku.

"Harapannya di HUT ke-78 ini, TNI semakin kuat bersama rakyat," kata Pangdam.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023