Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon, Maluku  dan Center for Religious and Cross-cultural Studies Scholarship (CRCS) atau Program Studi Agama dan Lintas Budaya Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada (UGM) sepakat melakukan kerja sama tingkatkan kualitas pendidikan.

"Kita sepakat melakukan kerja sama dalam bidang pendidikan, sosial budaya, dan agama, dengan melakukan penandatangan kesepakatan antar kedua lembaga," kata Rektor IAKN Ambon Yance Z Rumahuru, di Ambon, Senin.

Ia mengatakan, kerja sama yang dilakukan merupakan langkah penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian di kedua lembaga. 

"IAKN Ambon dan CRCS UGM memiliki fokus  bersama dalam studi agama dan lintas budaya. Oleh karena itu, penandatangan kerja sama yang dilakukan  sebagai penanda untuk menegaskan kerja bersama yang telah dilakukan," katanya.

Kerja sama ini katanya, bertujuan untuk membangun koordinasi kajian penelitian bersama, memfasilitasi program penelitian, menyelenggarakan program kursus singkat, pelatihan dan seminar ilmiah. 

Serta publikasi jurnal ilmiah, juga melaksanakan pertukaran kunjungan (visiting professor), dan pengembangan sumber daya manusia.

Sementara itu, Ketua Program Studi CRCS UGM Samsul Maari mengatakan pihaknya  tertarik dengan IAKN Ambon dalam pengembangan tri dharma perguruan tinggi. 

"Kami  tertarik dengan IAKN Ambon untuk mengembangkan penelitian dan pengabdian dalam isu agama dan lintas budaya, karena Ambon punya kekayaan suku bangsa," katanya. 

Ia menyatakan,  CRCS mempunyai wadah yang bisa diakses IAKN Ambon untuk membangun relasi internasional untuk perdamaian. 

Kerja sama ini diharapkan dapat menghubungkan IAKN Ambon dengan beberapa universitas di Indonesia dan khususnya di Belanda, sehingga dapat membuka kemungkinan agenda akademik, penelitian, dan pengabdian masyarakat. 

Beberapa poin penting dari kerja sama dua lembaga diantaranya, membangun koordinasi kajian penelitian bersama di bidang pendidikan, sosial budaya dan agama, memfasilitasi program penelitian untuk melaksanakan kajian keilmuan diantara kedua lembaga.

Lalu , menyelenggarakan program  seminar ilmiah serta publikasi jurnal ilmiah kedua lembaga, pertukaran kunjungan, antar kedua lembaga serta pengembangan sumber daya manusia pada kedua lembaga.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023