Universitas Hasanuddin (Unhas) Sulawesi Selatan membuka peluang lulusan Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Maluku melanjutkan studi untuk program magister dan doktor di perguruan tinggi tersebut.

"Kegiatan ini adalah bentuk realisasi kerja sama antara Universitas Pattimura dan Universitas Hasanudin sekaligus memperkenalkan serta menyosialisasikan program pendidikan magister (S2) dan program pendidikan doktor (S3) kepada para akademisi Universitas Pattimura," ujar Kepala Program Studi S3 Ilmu Komunikasi Unhas Muhammad Farid di Ambon, Selasa.

Dia mengatakan hal itu saat sosialisasi program pendidikan magister dan doktor di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unpatti Ambon.

Sosialisasi yang dilaksanakan oleh pihak Universitas Hasanudin Makasar itu, meliputi dua program yakni Pascasarjana dan Pascasarjana Program Pendidikan Doktor Ilmu Komunikasi.

Dekan FISIP Unpatti Wahab Tuanaya menjelaskan bahwa Program Pascasarjana Program Magister Ilmu Komunikasi Universitas Hasanudin untuk alumnus Ilmu Komunikasi FISIP Unpatti melanjutkan studi ke jenjang pendidikan magister, sedangkan Program Pendidikan Doktor (S3) Program Studi Ilmu Komunikasi untuk para dosen Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Unpatti.

Ia mengatakan dengan kegiatan tersebut para dosen dapat meningkatkan kapabilitas dan memperbaiki tingkat pendidikan yang dimiliki sehingga dapat memenuhi persyaratan menuju program studi yang berakreditasi unggul.

“Pada prinsipnya saya selaku pimpinan fakultas senantiasa mendorong agar para dosen dan mahasiswa bersedia untuk dapat melanjutkan studi mereka dan mudah-mudahan dengan kerja sama ini mereka dapat memanfaatkannya secara optimal,“ ujarnya

Ia mengakui Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Unpatti dalam perkembangan masih belum optimal dikarenakan sebagian besar dosen atau tenaga kependidikan lebih memilih tidak melanjutkan studi.

Oleh karena itu, ia mengharapkan seluruh dosen atau tenaga kependidikan Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Unpatti mengambil bagian atau mendaftarkan diri sebagai mahasiswa Program Pendidikan Doktor (S3) yang dicanangkan pihak Program Pendidikan Doktor (S3) Program Studi Ilmu Komunikasi Unhas.

"Sehingga menghasilkan kapasitas atau kualitas sumber daya manusia dengan level tingkat pendidikan yang lebih tinggi dan linear dengan kompetensi Program Studi Ilmu Komunikasi bisa dapat dicapai dengan baik," katanya.

Hadir pada kegiatan tersebut, antara lain Kepala Prodi S3 Ilmu Komunikasi Unhas Muhammad Farid, Kepala Prodi S2 Ilmu Komunikasi Unhas Muh Akbar, serta perwakilan dosen Unhas dan Unpatti.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023