Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr. J. Leimena Maluku dan Rumah Sakit Siloam Ambon bersama Rumah Sakit Umum Pusat Nasional (RSUPN) dr. Cipto Mangunkusumo  Jakarta menandatangani perjanjian kerja sama untuk meningkatkan kualitas kesehatan di Maluku.

"Kerja sama ini diharapkan bisa menambah kapasitas untuk peningkatan volume jumlah dokter spesialis khususnya urologi dan RSCM sangat menyambut baik kerja sama ini untuk peningkatan volume dan pelayanan Kesehatan di Maluku khususnya Kota Ambon," kata Plt. Direktur RSUPN Cipto Mangunkusumo, dr. Sumaryono di Ambon, Kamis.

Hadir pada penandatanganan kerja sama itu Asisten Administrasi umum Setda Maluku Pieterson Rangkorarat, Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon drg. Wendy Pelupessy, Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, Kepala BPJS Kota Ambon.

Hadir juga Dekan Fakultas Kedokteran UI dan jajaran, Manager Director Siloam Hospital Group, Hospital Director Siloam Hospital Ambon, dan Penjabat Pengawas Rumah Sakit, Direktur Utama RSUP Dr. J. Leimena, beserta unsur terkait lainnya.



Sumaryono mengatakan kerja sama itu diharapkan bisa menambah kapasitas untuk peningkatan volume jumlah dokter spesialis khususnya urologi.

"Kami dari RSCM sangat menyambut baik kerja sama ini untuk peningkatan volume dan pelayanan kesehatan di Maluku khususnya Kota Ambon," ucap dr. Sumaryono.

Sementara itu Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Indonesia (UI) dr. Ari Fahrial Syam  dalam konferensi persnya mengatakan, dengan dilakukannya penandatanganan itu, maka UI yang turut menyediakan sumber daya manusia mendorong agar pelayanan kesehatan bisa meningkat di Provinsi Maluku.

“Kami bercita-cita di Kota Ambon ada transplantasi ginjal, keberadaan kita disini juga untuk membina Fakultas Kedokteran Unpatti, agar mereka bisa menjadi Pusat Pendidikan Spesialis yang bisa mengatasi permasalahan kekurangan dokter spesialis agar memberikan pelayanan Kesehatan terbaik di Maluku," katanya.

Di tempat yang sama Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon drg. Wendy Pelupessy dalam keterangannya juga mengapresiasi penandatanganan kerja sama yang dilakukan ini, sehingga masyarakat di Maluku bisa terlayani dengan baik, untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Menanggapi kerja sama itu Pemerintah Provinsi Maluku melalui Asisten Administrasi Umum Setda Maluku Pieterson Rangkoratat menyambut baik dan memberikan apresiasi atas terlaksananya penandatanganan kerja sama karena implementasinya ke depan akan sangat dirasakan oleh Masyarakat yang ada di Maluku.

“Pemerintah Provinsi akan terus melakukan langkah-langkah dalam penetapan kebijakan untuk mendukung tindak lanjut dari penandatanganan kerjasama saat ini," katanya.*



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: RSUP Maluku dan RSUPN Cipto kerja sama tingkatkan kesehatan di Maluku

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023