Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Maluku, menyalurkan bantuan Rumah Layak Huni (RLH) Baznas Pusat di wilayah Kota Ambon.

"Penerima bantuan RLH merupakan warga kota Ambon yang beragama Kristen, yaitu Lusiana Galandjindjinay yang berdomisili di RT 03/RW 02, Desa Hunuth Durian Patah, Kecamatan Baguala, " Kata Plt Ketua Baznas Provinsi Maluku, Ustad Arsal Tuasikal, Kamis.

Ia mengatakan, warga penerima bantuan RLH menjadi satu -satunya di Indonesia yang merupakan warga non Muslim.

"Tidak ada warga non Muslim diseluruh Indonesia yang menerima bantuan Baznas seperti ini, satu -satunya di Kota Ambon," katanya.

Baca juga: BAZNAS akan distribusikan daging kurban Dam ke wilayah 3T

Ia mengakui, 99 persen dana Baznas berasal dari umat Islam berupa zakat, infak dan sedekah, sehingga harus disalurkan bagi kalangan umat Islam sendiri.

Tetapi dalam bantuan RLH ini anggarannya bersumber dari Coorporate Social Responsibility (CSR) Perusahaan, baik BUMN, maupun swasta, yang menitipkan dana ke Baznas.

"Jadi saya perlu sampaikan agar tidak terjadi kegaduhan, sebab dana ini murni dari CSR dan rekening untuk transfer dan penyalurannya juga berbeda dengan yang berasal dari zakat, tidak dicampur," katanya.

Ia merinci, bantuan RLH Baznas Pusat yang diberikan di wilayah Maluku sebanyak 65 unit, dimana untuk Kota Ambon hanya satu unit rumah dengan nilai bantuan Rp25 Juta.

"Bantuan tersebut terdiri dari Rp20 Juta untuk biaya material dan sisanya untuk biaya tukang," ujarnya.

Baca juga: Baznas Maluku bagikan 1.000 bantuan uang dan makanan kepada siswa di Ambon

Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena menyampaikan terima kasih kepada pimpinan Baznas pusat dan provinsi Maluku, yang turut membantu warga kota Ambon lewat penyaluran bantuan untuk perbaikan rumah.

"Ini luar biasa, karena yang diberikan adalah warga Kristen, ini mencerminkan BAZNAS yang merupakan lembaga umat islam, tetapi dapat memberikan bantuan kepada umat beragama lainnya melalui dana CSR," katanya.

Ia menambahkan, apa yang dilakukan Baznas pusat sejalan dengan upaya Kota Ambon sebagai Kota Untuk semua orang "Ambon Par Samua', tanpa membedakan suku, ras dan agama.

Dirinya meminta penerima bantuan agar dapat dimanfaatkan secara baik. Gunakan bantuan secara baik untuk perbaikan rumah dan maknai sebagai cara Tuhan memberikan berkat bagi umatnya yang setia.

Baca juga: Baznas arungi lautan bagikan sembako ke pelosok Maluku

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023