Komando Daerah Militer (Kodam) XVI Pattimura melakukan internalisasi reformasi birokrasi memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

"Pemanfaatan teknologi informasi dapat menjawab tantangan birokrasi masa depan sehingga tujuan pokok organisasi TNI AD dapat dicapai secara lebih efektif dan efisien," kata Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Agung Pambudi dalam keterangan yang diterima di Ambon, Rabu.

Hal itu dikatakan Kasdam Agung Pambudi saat membuka Internalisasi dan penilaian reformasi birokrasi tingkat kotama tahun anggaran 2023 di lingkungan Kodam XVI/Pattimura.

Kasdam mengatakan tujuan internalisasi dan penilaian reformasi birokrasi di lingkungan TNI AD ini untuk mewujudkan satuan jajaran TNI AD yang memiliki birokrasi yang kapabel, akuntabel dan memiliki pelayanan publik yang prima dalam rangka melaksanakan tugas pokok.

Pasalnya, kata dia penilaian reformasi birokrasi kotama merupakan sebuah instrumen di lingkungan TNI AD yang digunakan untuk mengevaluasi sejauh mana kemajuan pelaksanaan Reformasi Birokrasi di lingkungan kotama TNI AD telah berjalan dan memperoleh data masukan mengenai kekuatan, kelemahan dan langkah-langkah perbaikan yang harus dilakukan.

Baca juga: Kodam Pattimura-Gesid komitmen kembangkan SDM pemuda desa menuju Indonesia emas

“Hari ini para peserta mengikuti kegiatan Internalisasi Reformasi Birokrasi oleh tim penilai RB Mabesad, kegiatan ini menjadi penting bagi kita semua dalam menyamakan persepsi bagaimana pelaksanaan Reformasi Birokrasi di tingkat Kotama serta mancari solusi atas berbagai hambatan dan kendala dalam pelaksanaan Reformasi Birokrasi," ucapnya.

Sementara itu Ketua Tim Penilai RB Kolonel Inf Muhammad Arif Nur saat membacakan amanat Asrena Kasad Mayjen TNI Kasuri mengatakan, reformasi birokrasi saat ini merupakan sebuah kebutuhan yang perlu dipenuhi dalam rangka memastikan terciptanya perbaikan tata kelola organisasi yang baik.

"Dengan memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi yang baik, reformasi birokrasi yang dilakukan dapat memudahkan pelayanan kepada masyarakat," tuturnya.

Pelaksanaan kegiatan Reformasi Birokrasi tersebut dihadiri, Irdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Dadang Rukhiayana, Kapoksahli Pangdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Syaepul M. Ginanjar, Asren Kodam XVI/Pattimura Kolonel Czi Harry Praptomo.

Kemudian Asintel Kasdam XVI/Pattimura Kolonel Kav. Sindhu Hanggara, Asren Kodam XVI/Pattimura Kolonel Czi Harry Praptomo, para Dansat dan Kabalakdam XVI/Pattimura serta perwakilan prajurit dan PNS Kodam XVI/Pattimura.

Baca juga: Kodam XVI/Pattimura selesaikan 12 program TNI Manunggal Membangun Desa di Maluku Tengah

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023