Gubernur Maluku Murad Ismail mengajak Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Maluku mengampanyekan pola hidup sehat kepada masyarakat di daerah itu dalam rangka memperingati HUT IDI ke-73.

"Ini merupakan momentum untuk membangkitkan kembali, kecintaan kita pada pola hidup sehat, sekaligus sebagai sarana dalam meningkatkan semangat kebersamaan anatara para dokter dan masyarakat yang ada di daerah ini," ucap Gubernur Murad di Ambon Sabtu.

Hal itu diucapkan Murad dalam kegiatan jalan santai dan senam bersama IDI Maluku di Kota Ambon.

Pasalnya, kata Murad, dengan pola hidup sehat, maka masyarakat Maluku dapat lebih produktif demi pembangunan daerah tersebut.

Baca juga: Gubernur Maluku sebut pembangunan pasar di Tual tingkatkan pertumbuhan ekonomi

Apalagi saat ini Pemerintah pusat sedang menggalakkan program percepatan penurunan stunting di daerah-daerah, dan Maluku menjadi salah satu provinsi yang tengah gencar melakukan serangkaian program tersebut.

Adapun tip pola hidup sehat yang dibagikan Gubernur Maluku yaitu mengatur pola makan, rutin melakukan olahraga, rajin mengonsumsi air mineral, mengelola stres agar tak berlebih.

"Kemudian pola tidur yang cukup, membatasi konsumsi gula dan garam, rajin mencuci tangan, dan rajin membersihkan area rumah," tuturnya.

Oleh karena itu Gubernur berharap peran IDI wilayah Maluku semakin solid dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat yang ada di daerah ini.

Baca juga: Gubernur Maluku salurkan bantuan alat produksi olahan pertanian

Sementara itu Ketua Umum Pengurus Besar (PB) IDI, DR. Dr. Muhammad Adib Khumaidi di mengatakan melalui kegiatan ini menunjukkan, IDI dengan seluruh dokter yang berada di wilayah Maluku, bersama masyarakat terus bergerak untuk kesehatan rakyat dan kemajuan kesehatan bangsa.

“Dan ini menunjukkan bahwa cinta masyarakat Indonesia terhadap dokter Indonesia masih sangat tinggi, karena dokter Indonesia untuk rakyat Indonesia,” katanya.

Pada kegiatan itu juga dilakukan pemeriksaan Penyakit Tidak Menular (PTM) gratis dan pembagian beragam hadiah menarik bagi peserta..

Hadir pada kesempatan itu Ketua Umum Pengurus Besar IDI M. Adib Khumaidi beserta jajaran, Ketua IDI Wilayah Maluku dan jajaran, Penjabat Walikota Ambon, Pimpinan OPD Lingkup Provinsi Maluku dan Kota Ambon, Pimpinan Instansi Vertikal/BUMN/BUMD, serta unsur terkait lainnya.

Baca juga: Gubernur Maluku minta penjabat bupati pastikan netralitas ASN pada Pemilu 2024

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023