Lembaga Seni Qasidah Nusantara (LASQI) Maluku berhasil meraih juara umum II pada pemilihan duta qasidah nasional tahun 2023 di Tangerang, Banten.

"Tentunya keberhasilan ini karena solidaritas yang dibangun tim sejak persiapan hingga hari ini. Dan inilah yang kita capai," ucap Ketua umum Lasqi Maluku Widya Pratiwi dalam keterangan yang diterima di Ambon, Minggu.

Widya menjelaskan Provinsi Maluku berada pada peringkat kedua dibawah kontingen tuan rumah yaitu Provinsi Banten karena terpaut satu kategori mata lomba yang tak diikuti oleh kontingen Maluku.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 24 DPD Lasqi se-Indonesia.

Ia melanjutkan pencapaian gelar juara umum tersebut diraih dengan mengantongi juara satu pada empat kategori, juara dua pada tiga kategori, juara tiga pada satu kategori. Selain itu ada juga tiga kategori yang meraih juara harapan pada ajang tersebut.

Sementara itu juara satu kategori pop religi dewasa putra dan putra yaitu Nurul asal Kota Ambon, dan Risman asal Kabupaten Buru Maluku.

Widya juga meminta kepada para pemenang agar mempersiapkan diri dengan tetap berlatih menjelang ajang FSQ dalam waktu dekat agar dapat kembali meraih juara umum.

Apalagi dibawah kepemimpinan Widya, Lasqi Maluku sukses meraih banyak prestasi. Bahkan pada tahun 2019, Maluku berhasil meraih juara umum pada Festival Qasidah tingkat nasional di Kota Ambon.

Tahun 2021, juara satu bintang vokalis gambus dewasa putri, juara dua pop religi remaja dan juara dua pop religi anak-anak, dan di tahun 2022, Maluku meraih juara satu Pop Religi Remaja.

“Alhamdulillah, selamat dan bangga atas pencapaian kalian semua seluruh peserta lomba, duta-duta qasidah tingkat nasional dari kabupaten/kota se-Maluku serta seluruh pengurus Lasqi Nusantara Jaya Provinsi Maluku dan Lasqi Kab/kota," tuturnya.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023