PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Ternate, Maluku Utara, mendukung penyelenggaraan Hari Nusantara pada 10 - 13 Desember 2023 di Kota Tidore Kepulauan dengan menyiapkan seluruh kapal melayani mobilitas masyarakat dari Ternate ke Tidore PP.

"Kami akan menyerahkan delapan kapal, dua di antaranya milik swasra yang ada di Pelabuhan Penyeberangan Bastiong, Ternate dalam penyelenggaraan Hari Nusantara yang akan dilaksanakan di Kota Tidore Kepulauan,"kata General Manager PT ASDP Indonesia Cabang Ferry Ternate, Ardian saat dihubungi dari Ternate, Selasa.

Penyelenggaraan Hari Nusantara yang digelar di Kota Tidore Kepulauan pada 10 - 13 Desember 2023 itu bakal di hadiri Presiden Joko Widodo

Dia mengatakan, saat ini kami terus berkoordinasi dengan Pemkot Tidore Kepulauan maupun Pemprov Maluku Utara mengenai berbagai persiapan dalam menyukseskan kegiatan nasional itu.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan peringatan Hari Nusantara 2023 merupakan sebuah momentum untuk mengingat Deklarasi Djuanda yang memperjuangkan konsep negara kepulauan Indonesia untuk diakui secara internasional dan masih relevan dengan situasi saat ini.

Oleh karena itu, kata dia, Hari Nusantara 2023 patut diperingati untuk semakin mempersatukan kekuatan Indonesia sebagai negara kepulauan.

"Saya minta dukungan, apa yang akan dibuat di Tidore, menandai bahwa Hari Nusantara menjadi hari yang patut kita ingat sebagai upaya mempersatukan bangsa," kata Menhub memberi sambutan saat acara road to Hari Nusantara 2023 di Gedung Kemenhub, Jakarta, Senin.

Rangkaian peringatan Hari Nusantara Tahun 2023 akan dipusatkan di Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara pada 10-13 Desember 2023.

Berdasarkan Ketetapan Presiden Republik Indonesia Nomor 126 Tahun 2001, Hari Nusantara diperingati setiap 13 Desember. Untuk memperingatinya, pada 2023 ini, Kemenhub ditunjuk oleh Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi sebagai Ketua Pelaksana Penyelenggaraan Hari Nusantara 2023.

Adapun, tema yang diangkat Hari Nusantara 2023 ialah "Merajut Konektivitas Nusantara dan Ekonomi Maritim dari Titik Nol Jalur Rempah". Budi menjelaskan melalui tema tersebut, diharapkan dapat kembali mengangkat posisi Tidore yang dikenal sebagai pusat rempah-rempah seperti cengkeh. Gagasan tersebut dituangkan pula lewat logo Hari Nusantara 2023.

"Pada logo, kita tampilkan tentunya bendera merah putih yang kita banggakan, lalu ada perahu yang identik dengan laut dan di Tidore ada perahu kora-kora. Lalu, ada pulau unik yang berbentuk gunung dan ombak menggambarkan negara kepulauan yang dikelilingi oleh laut," kata Budi.

Budi menjelaskan peringatan Hari Nusantara 2023 di Tidore akan diisi oleh serangkaian acara yang didukung oleh pemerintah daerah, TNI/Polri, dan masyarakat setempat.

Ia menyebut, Presiden Joko Widodo akan turut diundang pada acara itu. "Kami akan melaksanakannya pada 13 Desember 2023, namun akan dimulai sejak 10 Desember oleh pemda yang akan mengundang para UMKM lokal serta akan ada artis yang turut tampil memeriahkan peringatan acara," ujarnya.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023