Komando distrik militer (Kodim) 1504 Ambon melakukan pendampingan petani di Ambon untuk mendukung program ketahanan pangan oleh pemerintah.

"Kami kerahkan Babinsa di masing-masing wilayah binaan untuk terus melakukan pendampingan dan pengawasan terkait pertanian di lingkungan sekitar," ucap Dandim 1504 Ambon Letkol Tengku Sony Sonatha di Ambon, Kamis.

Ia mengatakan hal itu dilakukan sebagai wujud nyata kehadiran TNI di tengah masyarakat untuk membantu ketahanan pangan bagi masyarakat.

"Salah satunya di wilayah Koramil 1504-01/Baguala yang dengan aktif terlibat dalam proses bercocok tanam di kebun milik warga," katanya.

Sementara itu Babinsa Koramil 1504-01/Baguala Sertu Irwan Djalil mengatakan ia bersama warga secara aktif mengerjakan kebun sayur di kawasan Passo mulai dari proses pembibitan hingga panen dan siap dijual ke pasar.

"Tak hanya untuk dijual, kebun milik bapak Amir dan ibu Mila ini juga cukup mendukung ketersediaan kebutuhan warga sekitar," ujarnya.

Sertu Irwan Djalil mengatakan dalam kebun itu tersedia berbagai jenis tanaman sayuran yang variatif, yaitu kangkung, sawi, cabai, kemangi yang siap dipanen setiap tiga bulan sekali.
 
"Di sisi lain harga jualnya pun terjangkau guna membantu ekonomi masyarakat dalam mencukupi kebutuhan pokok sehari-hari," ucapnya.

Tak sampai di situ ia juga mengajak pemilik kebun untuk memanfaatkan lahan pekarangan yang masih kosong untuk di jadikan lahan produktif dengan menanam berbagai macam jenis sayuran lainnya, untuk mendukung kebutuhan masyarakat.

"Semoga kegiatan pendampingan ini menjadi contoh untuk warga dan dapat mendorong keinginan masyarakat menjadikan lahan yang tidak produktif menjadi lahan produktif di pekarangan rumah, serta berdaya guna untuk menopang potensi krisis pangan juga untuk kemajuan pembangunan di sektor pertanian," tuturnya.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023