Kepolisian Air dan Udara (Polairud) Polda Maluku tanam sebanyak 2.000 bibit mangrove sebagai bentuk peduli terhadap lingkungan pesisir.

Aksi sosial ini berlangsung di belakang rumah susun Desa Nania, Kecamatan Baguala, dan depan PLN Desa Poka, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon, dalam rangka menyambuy Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Polairud pada 1 Desember 2023.

“Kegiatan sosial yang dilaksanakan tersebut yaitu bersih-bersih pantai dan penanaman anakan mangrove sebanyak 2.000 bibit sebagai wujud kepedulian kami terhadap lingkungan,” kata Direktur Polairud Polda Maluku Kombes Pol Handoyo Santoso, Ambon, Senin.

Kegiatan ini tak hanya dilakukan personel Polairud Polda Maluku, tapi juga melibatkan rekan TNI dari Lantamal IX/Ambon dan Bakamla Zona Maritim Timur.

Baca juga: Bidhumas Polda Maluku tanam 100 anakan pohon mangrove
 

"Kegiatan ini juga melibatkan pengurus Bhayangkari Ranting Ditpolairud Polda Maluku, mahasiswa Unpatti Ambon dan masyarakat di desa Nania dan Poka," ujarnya.

Selain Polda Maluku, Kombes Handoyo mengaku kegiatan serupa juga dilakukan secara serentak di Satuan Polairud yang berada di Polres jajaran.

"Kegiatan bersih pantai dan penanaman mangrove ini merupakan wujud kecintaan kita kepada lingkungan pantai yang harus kita jaga demi keberlangsungan anak cucu kita," terang Handoyo.

Perwira menengah tiga melati di pundaknya itu mengajak seluruh elemen masyarakat di Maluku agar dapat bersama-sama menjaga lingkungan sekitar dari kerusakan.

"Mari kita jaga kamtibmas yang aman dan kondusif, serta menjaga lingkungan pantai kita agar selalu bersih dan asri. Jangan membuang sampah di pantai karena akan merusakan ekosistem pantai maupun terumbu karang," ajaknya.

Baca juga: Cegah ancaman abrasi, Polda Malut tanam ratusan mangrove di Pesisir Pantai Kastela

Pewarta: Winda Herman

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023