Penyandang disabilitas di Kota Ambon menampilkan karya dan kreativitas seni di Perayaan Hari Disabilitas Internasional 2023.

"Perayaan Hari Disabilitas Internasional, kami memberikan ruang dan kesempatan bagi para penyandang disabilitas untuk menampilkan potensi dan hasil karya, " kata Direktur Yayasan Rumah Generasi, Alfin Paron di Ambon, Selasa.

Ia mengatakan, beragam hasil karya dipamerkan seperti lukisan, kerajinan tangan bahan daur ulang berupa bunga, tempat sampah, tempat tissu, aksesoris dan aneka makanan.

Bukan hanya hasil karya tetapi juga penampilan para penyandang disabilitas dalam peragaan busana, tarian, pantomim, puisi dan penampilan musik ukulele.

Tujuan utama kegiatan tersebut katanya, adalah mengapresiasi karya dan prestasi dari para disabilitas baik dari disabilitas intelektual, tunadaksa, tunarungu, tunawicara, tunanetra dan disabilitas fisik.

Kegiatan ini melibatkan semua siswa di enam Sekolah Luar Biasa (SLB) juga komunitas tuli di Kota Ambon yang terlibat bersama dalam penampilan kreativitas.

"Kami berupaya mereka tampil di depan para pejabat dan tamu undangan, menampilkan kemampuan dan kepercayaan diri, agar mereka lebih mandiri, " Katanya.

Ia mengakui, kegiatan tersebut merupakan waktu yang tepat bagi penyandang disabilitas menampilkan potensi dan bakat diri.

"Teman-teman disabilitas menjadi senang dan bahagia sehingga timbul motivasi, percaya diri dan semangat baru yang dapat memicu kreativitas di dalam diri, semoga semakin banyak pihak yang mau dan tergerak hati untuk membantu program disabilitas, " Ujarnya.

Salah satu penyandang disabilitas, Irene Reva mengaku senang bisa terlibat dalam kegiatan fashion show.

"Walaupun mengalami keterbatasan fisik tetapi saya bangga karena ada kelebihan yang Tuhan berikan kepada saya, saya berharap anak disabilitas tidak dipandang sebelah mata, tidak di-bully tetapi dirangkul bersama dengan baik agar kami tidak merasa sendiri," katanya.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023