Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon Maluku bersama Konsulat Jenderal (Konjen) Amerika Serikat (AS) melakukan  kerja sama program magang dan olahraga digital atau e-sport pada mahasiswa.

“Kami melihat potensi besar dalam kerja sama dengan Universitas Pattimura, dan kami berharap dapat menciptakan program-program yang memberikan nilai tambah baik bagi mahasiswa maupun komunitas yang berada di Ambon,” ujar Kepala Humas Konsulat Jenderal Amerika Serikat–Surabaya, Joshua Shen dalam keterangan yang diterima di Ambon, Senin.

Hal itu dikatakan Joshua saat mengunjungi Universitas Pattimura Ambon.

Ia mengatakan fokus utama dari pertemuan ini adalah pembahasan detail terkait implementasi program e-sport dan program magang yang direncanakan akan menjadi bagian integral dari kegiatan American Corner di Universitas Pattimura.

Menurutnya program magang dan e-sport sendiri dipilih untuk mengembangkan minat dan bakat mahasiswa Unpatti pada bidang e-sport dan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk dapat magang pada Konjen AS sendiri.

Hal itu dilakukan tentunya untuk meningkatkan sumber daya manusia utamanya pada generasi muda untuk menumbuhkan generasi yang mampu bersaing pada masa depan.

Sementara itu Rektor Unpatti Prof Fredy Leiwakabessy, menyambut baik kunjungan tersebut dan menyatakan kesiapan untuk mendukung sepenuhnya implementasi American Corner di kampusnya.

“Kami berkomitmen untuk menjalankan program-program ini dengan sebaik-baiknya, dan kami terbuka terhadap segala bentuk kerja sama yang dapat memperkaya pengalaman pendidikan mahasiswa Universitas Pattimura dan publik yang ada di sekitar,” ungkap Leiwakabessy.

Ia mengatakan Implementasi American Corner di Universitas Pattimura diharapkan dapat memberikan akses lebih luas bagi mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan dalam bidang e-sport dan mendapatkan pengalaman berharga melalui program magang. 

"Kerja sama ini diharapkan dapat menjadi landasan kuat untuk pertukaran budaya dan peningkatan pemahaman antara kedua negara," katanya.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023