Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ambon, Maluku menyiagakan 108 personel serta didukung peralatan angkutan memadai untuk melakukan siaga SAR Khusus jelang Natal dan Tahun Baru 2024.

"Untuk mendukung pengendalian dan pengaturan jasa transportasi khususnya di wilayah Maluku dan sekitarnya jelang Natal dan tahun baru maka kami bersama Potensi SAR melaksanakan Siaga SAR Khusus hari besar," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ambon Muhammad Arif Anwar di Ambon, Senin.

Siaga SAR khusus ini dilakukan mulai hari ini dengan menggelar upacara apel kesiapsiagaan menjelang Hari Raya Natal Tahun 2023 dan Tahun Baru 2024 digelar yang diikuti seluruh pejabat utama dan juga personel Kantor SAR Ambon.

Kantor SAR Ambon juga menyiagakan alat utama untuk mendukung kegiatan operasi SAR.

Alat utama yang dimaksudkan berupa Kapal Negara (KN) SAR Abimnayu, KN SAR Bharata, Rigit Inflatable Boat (RIB), Rigit Buoyancy Boat (RBB), Rescue Car, Rescue Truck, peralatan emergency kit (medis), dan peralatan aqua eye.

Baca juga: Operasi SAR cari satu warga tenggelam di Pulau Saparua

Bahkan peralatan khusus berupa alat selam serta drone thermal juga telah disiapkan untuk mendukung kegiatan siaga SAR," tandasnya.

Sebanyak 108 personil baik dari Unit Siaga SAR Kepulauan Aru, Unit Siaga SAR Seram Bagian Timur, Pos SAR Saumlaki, Pos SAR Tual, Pos SAR Banda, dan Pos SAR Namlea disiagakan.

"Para personel ini disiapkan dengan pergerakan ke tempat-tempat yang rawan terjadinya musibah seperti tempat-tempat wisata, pelabuhan, dan juga Bandara," jelas Muhammad Ridwan.

Pelaksanaan Siaga SAR Khusus Natal dan Tahun Baru 2024 kali ini akan dilaksanakan selama 21 hari terhitung dari tanggal 18 Desember sampai dengan 7 Januari 2024.

"Basarnas melaksanakan Siaga SAR Khusus dengan tujuan terwujudnya Pelayanan SAR yang cepat, tepat, aman dan handal," tandasnya.

Baca juga: Warga SSB yang terjatuh dari kapal ditemukan meninggal

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023