Bandar Udara Pattimura Ambon memproyeksikan akan terjadi kenaikan penumpang mencapai 13 persen di libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Kami proyeksi akan terjadi kenaikan penumpang sebesar 13 persen, pergerakan pesawat meningkat enam persen , dan tiga untuk kargo.," kata General Manajer Bandar Udara Internasional Pattimura Ambon, Shively Sanssouci, di Ambon, Selasa.

Ia mengatakan, saat ini rata-rata sebanyak 26 penerbangan per hari di Bandar Udara Pattimura, dan diprediksi terjadi kenaikan jumlah penerbangan.

Kenaikan jumlah penerbangan dengan adanya penerbangan tambahan maskapai Batik Air dengan rute CGK-AMQ mulai 15 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024.

Mendukung keamanan dan kenyamanan perjalanan, pihaknya telah meluncurkan layanan taksi Bandara pada 7 November 2023, dengan 115 armada taksi konvensional dan sembilan armada taksi online (Grab) siap melayani penumpang.

"Pelayanan kepada lebih dari 22.600 penumpang selama Januari-November 2023 menandai prestasi yang menggembirakan," katanya.

Baca juga: Angkasa Pura Ambon suguhkan pertunjukan musik sambut peserta API award

Ia menyatakan, pihaknya juga telah membuka posko monitoring angkutan Udara dalam rangka menyambut libur Natal dan Tahun Baru.

Posko angkutan udara Natal dan Tahun Baru dilaksanakan selama 16 hari yaitu sejak tanggal 19 Desember 2023 (H-6) sampai dengan 3 Januari 2023 (H+2).

"Posko ini dibentuk mengacu pada Instruksi Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor IR 4 Tahun 2023 tentang Pelaksanaan Transportasi Udara Selama Masa Hari Raya , " Katanya.

Ia menambahkan, dalam rangka menyediakan layanan terbaik, bandara telah menyiapkan rencana kontingensi, memastikan bahwa baik penumpang maupun non-penumpang merasakan keamanan, kenyamanan, dan pelayanan yang prima.

Dengan semangat dan komitmen untuk mewujudkan dan mempertahankan Safety, Security Services and Compliance (3S +1 C), pihaknya dan pemangku kepentingan di bandara tetap bersinergi dan berkolaborasi melakukan posko monitoring, dengan memperhatikan arahan dari Kementerian Perhubungan dan Kementerian terkait.

"Bandar Udara Pattimura Ambon siap memberikan pengalaman perjalanan yang aman dan tak terlupakan bagi semua pengguna jasa, " kata Shively Sanssouci.

Baca juga: Bandara Pattimura Ambon perkuat sinergi tingkatkan keamanan bandara

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023