Dinas Kehutanan Provinsi Maluku menyediakan 18.000 bibit pohon gratis untuk masyarakat pada 2024, dalam rangka pelestarian hutan di daerah setempat.

Kepala Dinas Kehutanan Maluku Haikal Baadila di Ambon, Kamis, mengatakan terkait dengan bibit gratis untuk tahun ini, disediakan di masing-masing Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) di 11 kabupaten/kota di Maluku.

“Soal pembagian bibit gratis untuk tahun 2024 ini kita sediakan di masing-masing KPH yang ada di kabupaten/kota, itu kita rata-rata setiap KPH ada 1.000 bibit gratis. Itu bibit kayu-kayuan dan buah-buahan,” kata dia.

Pihaknya juga menyediakan ribuan bibit gratis tersebut di persemaian permanen di Kota Ambon dan Kota Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur, Maluku, dengan jumlah masing-masing 3.456 bibit.

Baca juga: Dishut Maluku insiasi pemasangan jaring lindungi kawasan mangrove

“Ini di luar KPH. Jadi kalau dijumlahkan dari masing-masing KPH totalnya 11.000 bibit dan persemaian permanen 3.456, semua jadinya 18.000 bibit,” ujarnya.

Ia mengaku jumlah persediaan bibit gratis pada 2023 dan 2024 tetap sama, yakni 18.0000 bibit.

“Selama ini banyak surat yang masuk, baik dari kelompok masyarakat, keagamaan, sosial, itu rata-rata tiap bulan ada lima sampai 10 permintaan bibit. Dan kebanyakan yang minat itu buah-buahan,” ucapnya.

Ia berharap, inisiatif ini dapat memberikan kontribusi positif dalam upaya pelestarian lingkungan dan peningkatan kehijauan di wilayah Maluku.

“Karena program ini sebenarnya bertujuan untuk mendorong kesadaran lingkungan dan konservasi alam terhadap masyarakat,” kata Haikal.

Baca juga: Sepanjang 2023, Dishut Maluku rehabilitasi 300 hektare lahan kritis

Pewarta: Winda Herman

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024