Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Maluku melakukan persiapan pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2023.

"Persiapan pemeriksaan LKPD 2023 diawali 'entry meeting' yaitu salah satu tahap penting dalam pemeriksaan, yang dapat mempengaruhi keberhasilan dan kelancaran pemeriksaan, selain itu kegiatan ini juga merupakan bentuk komunikasi yang dilakukan oleh pemeriksa kepada entitas terperiksa," kata Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena di Ambon, Selasa.

Ia mengatakan, pada prinsipnya ketersediaan laporan pertanggungjawaban harus segera diselesaikan oleh setiap organisasi perangkat daerah (OPD) mengingat waktu pemeriksaan terbatas sehingga keterlambatan tidak menjadi penghambat proses ini.

"Saya tidak mau pemeriksa meminta data dan kita tidak bisa berikan, kalau dipanggil untuk klarifikasi seluruh pejabat pengelola tidak datang, nanti bisa dikembangkan bahwa kita tidak kooperatif dalam pemeriksaan ini dan juga menghambat teman-teman BPK untuk menyelesaikan tugas dari lembaganya, " katanya.

Peringatan ini, kata Bodewin, juga ditekankan kepada Sekretaris Kota, serta seluruh pimpinan OPD agar tidak lalai dalam menjalankan tugas guna mengumpulkan pertanggungjawaban tersebut.

"Saya minta kepada Pak Sekretaris Kota Ambon dan seluruh pimpinan OPD untuk mendukung proses ini dengan baik, yang saya inginkan semua berlangsung dengan lancar," Ujarnya.

Ia juga minta bimbingan dan arahan dari tim BPK RI Perwakilan Maluku, jika ada kelemahan dan kekurangan selama pemeriksaan berlangsung.

Selain itu, juga ditekankan pentingnya sinergi antara pemerintah daerah sebagai objek pemeriksaan, dengan BPK yang menjalankan tugasnya.

"Apabila ada permintaan data dukung atau laporan yang dibutuhkan BPK, diharapkan dapat segera kita dipenuhi," ungkapnya.

Ia menambahkan, seluruh upaya ini bertujuan dalam menciptakan kerjasama yang efektif dalam upaya penyempurnaan, dan memastikan kualitas pelaksanaan tugas pemeriksaan.
 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024