Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Provinsi Maluku menyatakan, armada Damri siap melayani 17 lintasan di 2024 untuk masyarakat di Maluku.

“Tahun ini masih sama jumlah lintasannya. Ada 17 rute untuk pelayanan lintasan Damri,” kata Pengolah Data Kehumasan dan Publikasi BPTD Maluku Mohammad Fausan Salatalohy, di Ambon, Rabu.

Ia mengatakan, kehadiran angkutan Perintis di Maluku ini juga untuk memberikan layanan transportasi ke seluruh wilayah Indonesia, termasuk 3TP (Tertinggal, Terpencil, Terluar, dan Perbatasan).

Ia berharap Moda Transportasi Angkutan Umum tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat Maluku. Kehadiran bus Perintis di Provinsi Maluku ini juta sangat membantu untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, baik pergerakan penumpang dan barang.

Baca juga: BPTD Maluku cek kesiapan kendaraan penumpang bus jelang Nataru

"Tentunya ini akan membantu masyarakat, dengan biaya tarif angkutan ekonomis. Karena yang pasti tarifnya murah," ucapnya.

Menurutnya, dengan wilayah Maluku yang terkenal dengan potensi pariwisata, pihaknya optimis layanan moda transportasi itu akan banyak diminati oleh masyarakat.

"Dan angkutan perintis hadir sebagai penunjang sarana transportasi sehari-hari. Selain itu, ini juga untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas dengan beralih ke moda transportasi umum," katanya menambahkan.

17 lintasan tersebut yakni, Ambon - Air Nanang, Ambon - Trans 2, Ambon SDN Sapola, Ambon - Trans Seram 5, Ambon - Pasanea, Ambon - Namto, Langgur - Tetoad, Saumlaki - SPBU Batu Putih, Saumlaki Latdalam, Saumlaki - Larat, Saumlaki - Watmuri, Wermatang - Saumlaki, Bandara Namrole - Namrole, Namlea - Masarete, Namlea - Teluk Bara dan Namlea - Savana Jaya.

Baca juga: BPTD Maluku optimalkan penyeberangan antarpulau dengan sistem reguler saat arus mudik dan arus balik

Pewarta: Winda Herman

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024