Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tengah (Malteng), Maluku melakukan digitalisasi sistem keuangan desa untuk memastikan kegunaan dana desa tepat sasaran dan menghindari penyalahgunaan.

"Program ini diberi nama Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) online yang merupakan langkah teknologi modernisasi dan juga untuk meningkatkan pengelolaan keuangan desa," ujar Penjabat Bupati Malten Rakib Sahubawa dalam keterangan yang diterima di Ambon, Senin (5/2).

Rakib menjelaskan bahwa Siskeudes memiliki prinsip-prinsip transparansi akuntabilitas dan disiplin untuk menjadi pijakan utama dalam pengelolaan keuangan desa.

Menurutnya, dengan adanya sistem ini tidak hanya membawa keuangan ke tingkat yang lebih tinggi, tetapi juga memanfaatkan setiap rupiah keuangan desa agar lebih bermanfaat.

"Adanya sistem ini dapat memudahkan pelaporan dan meminimalkan kesalahan administratif karena pengelolaan keuangan desa yang baik bukan hanya sekadar tuntutan zaman tetapi menjadi pondasi bagi pembangunan yang berkelanjutan," katanya pula.

Baca juga: Pemkab Malteng siapkan 15 program unggulan entaskan kemiskinan

Lebih lanjut Rakib Sahubawa mengatakan, masyarakat pada saat ini memiliki tantangan untuk penanggulangan kemiskinan terutama kemiskinan ekstrem, penanganan stunting, pengendalian inflasi, dan penguatan tata kelola desa yang baik.

Oleh sebab itu, kata dia lagi, penyelesaian masalah tersebut bukan hanya tugas pemerintah saja namun merupakan tugas semua masyarakat.

"Untuk itu terdapat berbagai inovasi yang telah dilakukan oleh masyarakat, antara lain gema duta parenting potong pele stunting dan santunan dhuafa," katanya lagi.

Oleh karena itu, Penjabat Bupati Maluku Tengah Rakib Sahubawa juga mengajak semua pihak untuk berperan aktif dalam penguatan tata kelola pemerintahan desa dan mengoptimalkan dana desa untuk kepentingan yang lebih besar.

"Nantinya dana desa yang langsung terkucur ke desa harus tepat guna dan tepat sasaran. Pakailah itu untuk pembangunan desa dengan sebaik mungkin," ujarnya.

Rakib berharap Siskeudes Online ini menjadi inovasi terbaik agar masyarakat dapat mencapai langkah-langkah yang besar dan berkomitmen untuk melakukan pengabdian, melayani yang belum terlayani, menjangkau yang belum terjangkau, memperkuat yang sudah bagus dan membangun Maluku Tengah sebagai jendela Indonesia timur demi mendukung terwujudnya pembangunan Maluku emas.

Baca juga: Pemkab Malteng gelar lomba memancing sambut HUT Masohi ke-66

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024