Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Moluccas Coastal Care (MCC) berhasil mengumpulkan sampah sebanyak 17 kantong bersama anak-anak di Ambon dalam rangka meningkatkan kepekaan terhadap lingkungan.

Kegiatan itu dilakukan bersama Sekolah Minggu Tunas Pekabaran Injil, Jemaat Gereja Protestan Maluku (GPM) Rumah Tiga Ambon, dengan tema “Mari Merawat Alam”.

“Ini bagian dari wadah pembinaan iman dan karakter anak. Kami mengajak mereka merawat alam melalui edukasi dan aksi bersih-bersih sampah,” kata Direktur MCC Teria Salhuteru, di Ambon, Jumat.

Ia mengatakan anak-anak perlu berkembang dan beradaptasi dengan berbagai isu-isu yang terjadi di masyarakat, salah satunya isu lingkungan.

“Jadi kami mengedukasi lingkungan dulu kepada anak-anak, baru kemudian dilanjutkan dengan aksi bersih pantai,” ujarnya.

Dalam kegiatan edukasi tersebut, lanjutnya, anak-anak belajar tentang jenis-jenis sampah, bahaya sampah, dan bentuk kegiatan yang dapat dilakukan anak-anak untuk menjaga lingkungan dari ancaman sampah.

Kegiatan tersebut diikuti oleh sebanyak 27 anak berusia 9 tahun dan didampingi 10 guru.

Dalam kegiatan aksi bersih-bersih tersebut, anak-anak mengumpulkan 17 kantong sampah plastik yang sebagian besar merupakan gelas plastik minuman kemasan bekas, kemasan makanan ringan, sedotan, kantong plastik bekas, dan sampah plastik lainnya.

Pada akhir kegiatan, sampah yang telah dikumpulkan kemudian diangkut ke tempat penampungan sampah oleh petugas kebersihan desa.

“Walaupun saat kegiatan dimulai cuaca mendung dan sedikit hujan, namun anak-anak sangat antusias dan bersemangat mengikuti kegiatan edukasi serta aksi bersih pantai dari awal sampai selesai,” katanya.

Teria berharap kegiatan itu bermanfaat bagi anak-anak dan mencorong mereka peka terhadap persoalan lingkungan di sekitarnya dan menjadi agen perubahan untuk menjaga keberlanjutan alam.

Pewarta: Winda Herman

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024