Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Kepulauan Aru Maluku membantu proses pengawalan dan distribusi logistik Pemilihan umum (Pemilu) ke sembilan kecamatan di daerah itu.

"Kami kerahkan Kapal Angkatan Laut (KAL) Pulau Trangan III-09-06 untuk turut mendukung pergeseran Pendistribusian Logistik Pemilu 2024 Kabupaten Kepulauan Aru dari Pelabuhan Yos Sudarso Dobo," ucap Komandan Lanal Aru, Letkol Laut (P) Prasetiyo Agus Hariadi dalam keterangan yang diterima di Ambon, Minggu.

Sembilan Kecamatan di Kepulauan Aru yang menjadi tujuan distribusi logistik Pemilu 2024 yaitu, Kecamatan Aru Utara, Kecamatan Aru Utara Timur Batuley, Kecamatan Sir-Sir, Kecamatan Aru Tengah, Kecamatan Aru Tengah Timur, Kecamatan Aru Tengah Selatan, Kecamatan Aru Selatan Timur, Kecamatan Aru Selatan Utara dan Kecamatan Aru Selatan.

Dijelaskannya pendistribusian logistik juga menggunakan kendaraan roda empat jenis dump truck dari gudang Logistik KPU Kepulauan Aru menuju Kal. Pulau Trangan III-09-06 di Pelabuhan Yos Sudarso Dobo.

"Alutsista TNI AL siap dilibatkan untuk pengiriman Logistik Pemilu tahun 2024 ke Pulau-pulau terdepan dan terpencil," katanya.

Sejumlah personel Lanal Aru dan personel Kal. Pulau Trangan juga telah melaksanakan apel kesiapan dipimpin langsung oleh Komandan Lanal Aru.

“Tidak hanya mengawal pemindahan logistik lewat laut, pihak Lanal Aru juga akan melakukan pengamanan khususnya di Dobo Kepulauan Aru. Jadi kami tetap siagakan personel sampai dengan pencoblosan dan perhitungan surat suara nanti,” ucapnya.

Danlanal berharap proses distribusi logistik Pemilu ke sejumlah kecamatan di Kepulauan Aru tersebut dapat berjalan dengan lancar sehingga Pemilihan umum pada 14 Februari 2024 dapat berjalan sukses.

“Semoga dalam pendistribusian Logistik Pemilu Kabupaten Kepulauan Aru ini, diberikan cuaca yang baik sehingga pelaksanaannya lancar tanpa ada halangan apapun,” katanya

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kabag Log Polres Kepulauan Aru Kompol Can Otoluwa, Komisioner KPU Provinsi Maluku Divisi Perencanaan dan Data, Engelbertus Dumatubun, Komisioner Bawaslu Aru Divisi Penanganan, Pelanggaran, Penyelesaian, Sengketa (PPPS) Yadi Salay dan Para Staf KPU Kepulauan Aru serta personel pengamanan TPS dan Prajurit Lanal Aru.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024