Kepolisan Wanita (Polwan) Polda Maluku menyosialisasikan pencegahan perundungan kepada anak-anak di Sekolah Dasar (SD) Xaverius, Kota Ambon.

Kegiatan yang diberi nama Mangente Anak Sekolah ini bertujuan untuk memberikan edukasi dalam rangkaian pencegahan terjadinya bullying/perundungan dan kekerasan seksual terhadap anak di bawah umur.

"Kegiatan sosialisasi dilakukan untuk menyikapi maraknya kasus perundungan yang terjadi di lingkungan sekolah dan kasus kekerasan seksual terhadap anak di bawah umur, sehingga perlu dilakukan sosialisasi dan edukasi guna pencegahan terjadinya kasus-kasus tersebut terhadap anak," kata ketua tim sosialisasi Ipda Nurul Hidayati Achmad, di Ambon, Kamis.

Kegiatan yang dilakukan itu merupakan penjabaran dari program Kapolda Maluku Irjen Pol. Lotharia Latif, yaitu "Basudara Manise".

"Sosialisasi ini kami lakukan juga untuk menindaklanjuti permintaan Kepala Sekolah SD Xaverius Ambon agar memberikan sosialisasi dan edukasi untuk pencegahan kasus-kasus tersebut," kata dia menambahkan.

Berbagai sosialisasi dan edukasi diberikan kepada anak-anak tentang apa itu bullying/perundungan, jenis-jenisnya, dampaknya bagi korban, cara pencegahan, dan apa yang harus dilakukan apabila terjadi bullying.

Baca juga: Polwan Polda Maluku sosialisasi bijak bermedia sosial kepada pelajar

Selain itu, pihaknya memberikan edukasi tentang pentingnya menjaga diri dari orang asing yang berusaha untuk melakukan kejahatan serta menghindari ajakan dari orang yang tidak dikenal.

"Kami juga memberikan edukasi kepada anak-anak sekolah tentang upaya pencegahan terjadinya kekerasan seksual yang menimpa anak di bawah umur dengan cara memberikan pemahaman tentang bagian-bagian tubuh yang tidak boleh disentuh oleh orang asing," ujarnya.

Kegiatan edukasi tersebut dipimpin Ipda Nurul Hidayati Achmad. Ia didampingi Aipda Herlin B.J Waatwahan, Aipda Kalsum Thaha, Briptu Marissa Saliha, Brigpol Mustika Payung, Bripda Afriyani Ramli, Bripda Florensia Sahetapy, dan Bripda Aloisa Kelbulan.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 70 siswa siswi kelas 1 dan 2. Mereka didampingi Kepala Sekolah, Fransina Laiyan bersama 6 orang guru SD Xaverius Ambon.

Baca juga: Polwan Polda Maluku tingkatkan kompetensi untuk pengawalan Pemilu 2024

Pewarta: Winda Herman

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024