Sebagai realisasi komitmen dalam upaya pelestarian lingkungan dan mewujudkan industri sawit berkelanjutan, PT Gelora Mandiri Membangun (PT GMM) yang merupakan salah satu unit usaha dari Tunas Sawa Erma (TSE) Group telah memperoleh Sertifikasi  Indonesia Suitanable Palm Oil (ISPO).


Penyerahan sertifikat ISPO dilakukan di kantor Mutu Internasional, kepada Direktur TSE Group Luwy Leunufna.

Sertifikasi ini menunjukan dedikasi dan komitmen tinggi PT GMM untuk senantiasa mematuhi hukum dan kebijakan yang berlaku dalam bisnisnya.

 Dengan mengantongi sertifikasi ISPO,        PT GMM telah memenuhi Peraturan Menteri Pertanian Nomor 38 tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Sertifikasi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan Indonesia.

Lebih lanjut, lewat penerbitan sertifikasi ISPO, PT GMM terbukti telah menerapkan tujuh prinsip dan kriteria yang telah ditetapkan dalam ISPO, yakni kepatuhan legalitas usaha perkebunan, penerapan praktik perkebunan yang baik, pengelolaan lingkungan hidup, sumber daya alam, dan keanekaragaman hayati, tanggung jawab terhadap ketenagakerjaan, tanggung jawab sosial dan pemberdayaan ekonomi masyarakat, penerapan transparansi dan peningkatan usaha secara berkelanjutan.

“Kami menunjukan komitmen dan keseriusan kami dalam membangun keberlanjutan sebagai suatu posisi yang utama bagi kami. Karena sejatinya lingkungan dan keberlanjutan merupakan faktor yang tidak dapat dipisahkan, bagi kami ISPO merupakan sesuatu yang sangat spesial dan diperlukan kerjasama yang baik dengan semua sektor,” tutur Luwy Leunufna Direktur Tunas Sawa Erma Group.

Dalam upaya mendapatkan sertifikasi ISPO, PT GMM menggandeng Mutu Internasional sebagai lembaga sertifikasi independen yang telah ditunjuk oleh pemerintah untuk melakukan peninjauan, audit dan inspeksi.

Dikutip dari situs resmi perusahaan tersebut, Mutu Internasional atau PT Agung Mutu Lestari merupakan lembaga sertifikasi yang sudah berdiri sejak tahun 1990. Telah dipercaya oleh lebih dari 3.000 perusahaan multinasional dan juga menjadi mitra pemerintah untuk layanan TIC. Mutu internasional memiliki laboratorium independen yang sudah terakreditasi ISO 17025. Berpengalaman dalam melakukan uji laboratorium untuk industri kelapa sawit.

Sertifikasi ISPO merupakan sebuah kewajiban yang tidak dapat ditawar sebagai komitmen menjaga keberlanjutan usaha kelapa sawit yang telah menjadi salah satu tulang punggung sektor perekonomian Indonesia. Sementara standar ISPO bersifat mandatory atau wajib bagi seluruh perusahaan sawit yang beroperasi di Indonesia, mulai dari hulu ke hilir. 

Sejak 2013, PT Gelora Mandiri Membangun yang beroperasi di Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara mulai melaksanakan pembukaan lahan dan dilanjutkan dengan penanaman kelapa sawit pada  2014.

 Langkah yang dilakukan ini bertujuan untuk tetap mendukung program pemerintah dalam pengembangan perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Halmahera Selatan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat, meningkatkan pendapatan Asli Daerah (PAD), serta memperluas lapangan kerja dan kesempatan berusaha bagi masyarakat lokal. 

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024