Asosiasi Provinsi (Asprov) Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) Maluku memastikan dua klub asal daerah itu ikut serta dalam pergelaran Liga 3 Nasional pada April 2024.

"Maluku FC dan Pelauw putra FC telah terdaftar di pangkalan data Liga 3 Nasional PSSI untuk mewakili Maluku di kompetisi tersebut," ujar Ketua Asprov PSSI Maluku Supyan Lestaluhu di Ambon, Senin.

Supyan menjelaskan Maluku FC dan Pelauw Putra akan bersaing dengan 78 klub sepak bola lainnya dari 32 provinsi untuk mendapatkan tiket menuju kasta kedua sepak bola tanah air.

Ia menjelaskan skema pertandingan pada Liga 3 Nasional terbagi atas enam putaran yang diawali dengan babak 80 besar. Pada babak 80 besar kompetisi menggunakan skema setengah kompetisi 16 grup yang masing-masing grup diisi oleh lima klub. Juara dan peringkat kedua setiap grup akan lolos ke babak 32 besar.

Pada 32 besar skema yang digunakan masih sama namun dengan delapan grup yang masing-masing diisi empat klub skema setengah kompetisi pun masih diberlakukan untuk lolos ke 16 besar, kemudian delapan besar, semi final dan final.

Baca juga: Asprov PSSI Maluku: Baru tiga klub konfirmasi ikut Liga 3 Maluku
 

Maluku FC berhasil memastikan diri lolos menuju Liga 3 Nasional 2023/2024 setelah berhasil menjuarai kompetisi Liga 3 Maluku pada musim 2022/2023. Meski saat itu liga dihentikan lantaran tragedi Kanjuruhan, Maluku FC berhak atas tiket nasional ke musim 2023/2024.

Sementara Pelauw Putra FC memastikan diri berlenggang ke Liga 3 Nasional musim 2023/2024 setelah melaju ke babak final saat melawan Maluku FC pada kompetisi tersebut.

Bermodalkan tiga trofi lokal berturut-turut Maluku FC menyatakan diri siap menghadapi Liga 3 Nasional dan bersaing dengan klub lainnya.

Manajer Klub Maluku FC Saidna Azhar Bin Tahir sendiri membidik Liga 2 sebagai target selanjutnya untuk membawa marwah sepak bola Maluku ke kancah nasional.

“Saya berharap ketika Maluku FC mengikuti kompetisi Liga 3 tingkat nasional ada keperdulian dari pemerintah daerah terkhusus Kota Ambon untuk tim Maluku FC berlaga ke level nasional sebab target dari Maluku FC sendiri harus lolos ke Liga 2 Nasional,” ujar Saidna.

Sedangkan Pelauw Putra yang diperkuat oleh putra lokal Negeri (Desa) Pelauw Maluku akan tampil ke Liga 3 Nasional bermodalkan sejarah panjang klub yang telah dikenal di seantero Maluku.

Baca juga: Asprov PSSI Maluku berangkatkan tiga klub tampil di kompetisi piala Soeratin nasional

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024