Kepolisian Wanita (Polwan) Polda Maluku kembali memberikan sosialisasi tentang bahaya kasus kekerasan seksual bagi murid Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah di  Kota Ambon.

Kegiatan edukasi yang diikuti 224 orang siswa siswi kelas satu dan dua ini, dinamai program "Mangente Anak Sekolah".

"Kegiatan sosialisasi dilakukan untuk menyikapi maraknya kasus kekerasan seksual terhadap anak dibawah umur, sehingga perlu dilakukan sosialisasi dan edukasi guna pencegahan terjadinya kasus-kasus tersebut terhadap anak," kata Ketua Tim Sosialisasi Ipda Nurul Hidayati Achmad di Ambon, Selasa.

Berbagai sosialisasi dan edukasi diberikan kepada anak-anak yang didampingi puluhan gurunya, itu bukan hanya tentang kekerasan seksual.

Para murid juga diberikan edukasi tentang apa itu perundungan, jenis-jenis perundungan, dampaknya bagi korban, cara pencegahan, dan apa yang harus dilakukan apabila terjadi ‘bullying’ tersebut.

Baca juga: Polwan Polda Maluku sosialisasi pencegahan perundungan

Pihaknya mengingatkan kepada anak-anak SD tersebut terkait pentingnya menjaga diri dari orang asing yang berusaha untuk melakukan kejahatan serta menghindari ajakan dari orang yang tidak dikenal.

"Kami juga memberikan edukasi kepada anak-anak sekolah tentang upaya pencegahan terjadinya kekerasan seksual yang menimpa anak di bawah umur dengan cara memberikan pemahaman tentang bagian-bagian tubuh yang tidak boleh disentuh oleh orang asing," terangnya.

Kegiatan yang dilaksanakan ini, kata Nurul, merupakan penjabaran dari program Kapolda Maluku, yaitu "Basudara Manise" yang juga sudah dilakukan di sejumlah sekolah lainnya.

"Sosialisasi ini kami lakukan juga untuk menindaklanjuti permintaan kepala Sekolah SD Xaverius Ambon agar memberikan edukasi untuk pencegahan kasus-kasus tersebut,” katanya.


Baca juga: Polwan Polda Maluku sosialisasi pencegahan tindak kekerasan seksual

Pewarta: Winda Herman

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024