PT PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) melakukan degensetisasi atau peralihan dari bahan bakar fosil kepada  penggunaan energi listrik  ramah lingkungan  pada sektor industri di Negeri Pasahari,  Kabupaten Maluku Tengah, dengan daya 1,1 MVA. 

"Degensetisasi merupakan salah satu program PLN yang mengganti dari penggunaan genset berbahan bakar fosil ke penggunaan energi listrik yang ramah lingkungan," kata General Manajer PLN UIW MMU Awat Tuhuloula di Ambon, Selasa.

Menurut dia hal ini turut memperlihatkan perkembangan dunia industri yang signifikan, sejalan dengan komitmen pemerintah melalui PLN untuk mendorong pertumbuhan perekonomian di wilayah di Maluku dan Maluku Utara.

Ia mengatakan, untuk mengoperasikan perusahaan dibutuhkan mesin dengan daya listrik besar. Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang budidaya tambak udang, yakni PT Wahana Lestari Investama mendapatkan dukungan ketenagalistrikan PLN. 

Satu dari tiga kawasan industri PT Wahana Lestari Investama di Negeri Pasahari telah beralih ke listrik PLN. Melalui Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Masohi berhasil melakukan degensetisasi dengan tarif/daya I3/1.110.000 VA.

Dukungan terhadap pelanggan sektor industri terus dilakukan dengan melakukan pemeriksaan  ke calon pelanggan, karena pentingnya edukasi terkait operasional perusahaan yang membutuhkan daya listrik besar yang bisa difasilitasi PLN.

"Sesuai dengan komitmen kami untuk turut mendorong perkembangan perekonomian di berbagai sektor, kebutuhan listrik industri tentu kami siap melayani," kata Awat. 

Dengan adanya degensetisasi ini, pelanggan PT Wahana Lestari Investama tak hanya dapat meningkatkan produktivitas, melainkan juga menghemat biaya operasional, terutama dari penggunaan mesin diesel yang beroperasi sebelumnya. 

Dengan perbandingan dari sisi penggunaan bahan bakar dan pemeliharaan mesin, untuk memproduksi udang menggunakan listrik PLN PT Wahana Lestari Investama dapat menghemat biaya operasional hingga Rp895,8 juta per bulan.

Awat berharap, operasional PT Wahana Lestari Investama di industri kelautan dan perikanan ini dapat terus berkembang, masyarakat jadi diberdayakan, dan omzet semakin meningkat.

"Hal ini memberikan efek ganda ke depannya. Kami percaya akan hal itu, sehingga ini tugas dan tanggung jawab kami untuk menyediakan pelayanan berkualitas bagi sektor industri yang beralih menggunakan listrik PLN" katanya. 
 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024