Sebanyak 20 Mahasiswa Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Maluku, mewakili kampus tersebut menuju seleksi wilayah XII Olimpiade Matematika IPA (MIPA) nasional.

“Sebanyak 20 mahasiswa tersebut merupakan hasil seleksi internal kampus dan masing-masing memiliki nilai tertinggi di bidang Biologi, Kimia, Fisika dan Matematika. Pada tiap bidang masing-masing lima orang pemenang,” kata Rektor Unpatti Prof Freddy Leiwakabessy dalam keterangan tertulis yang diterima di Ambon, Jumat.

Dikatakan Rektor Freddy Olimpiade MIPA tersebut dilaksanakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Oleh sebab itu para mahasiswa berprestasi itu diharapkan mampu memberikan performa terbaiknya dalam seleksi tersebut agar dapat lolos menuju tingkat nasional.

“Mereka yang lolos terdiri dari satu orang mahasiswa kedokteran, dua orang mahasiswa FKIP Biologi dan Kimia, satu orang mahasiswa Teknik, sementara sisanya merupakan mahasiswa Fakultas MIPA Unpatti,” kata Rektor menjelaskan.

Baca juga: Unpatti bentuk tim percepatan pengembangan menuju PTN berbadan hukum
 

Nantinya dari seleksi regional tersebut peserta yang akan diundang untuk mengikuti kompetisi tingkat nasional berjumlah maksimal 65 orang untuk setiap bidang.

Terdiri atas juara I pada seleksi tingkat wilayah ONMIPA-PT dari masing-masing wilayah, satu peserta dari PTS yang memperoleh nilai tertinggi pada seleksi tingkat wilayah di masing-masing wilayah yang memenuhi standar minimum yang ditetapkan oleh dewan juri dan peserta peringkat atas pada seleksi Tingkat Wilayah secara keseluruhan untuk memenuhi kuota maksimal.

Keikutsertaan Unpatti dalam kegiatan tersebut merupakan bukti nyata kesiapan Unpatti dalam bertransformasi menjadi perguruan tinggi negeri bertaraf internasional.

Selain itu hal tersebut juga dapat menjadi tolok ukur dalam mengevaluasi hasil pendidikan yang diberikan kampus kepada mahasiswa. Sehingga Unpatti dapat dikategorikan mampu berdaya saing.

Baca juga: 20 mahasiswa Unpatti Ambon ikut Olimpiade Nasional MIPA 2023

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024