Komando daerah militer (Kodam) XVI Pattimura menyatakan siap membantu Kepolisian dalam pengamanan Idul Fitri 1445 hijriah di Maluku.

"Kami siap membantu pemerintah daerah, membantu Kepolisian Republik Indonesia untuk pengamanan di Maluku," kata Pangdam XVI Pattimura Mayjend TNI Syafrial di Ambon, Kamis.

Hal itu dikatakan Pangdam Syafrial usai Apel gelar pasukan pengamanan Idul Fitri 1445 Hijriah   di Lapangan Tahapary Polda Maluku, Tantui, Ambon.

Dalam gelar apel tersebut terlibat, personel gabungan TNI-Polri, Satpol PP, Dishub, BPBD, Tim Dinas Kesehatan, Damkar, Basarnas, serta dinas terkait lainnya. 

Sejumlah kendaraan taktis seperti Rantis Panser, Baracuda, Mobil Damkar dan Patwal, juga disiapkan untuk mendukung pelaksanaan pengamanan.

Pangdam mengatakan untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama musim Lebaran, masyarakat diminta menjaga kemajemukan dan toleransi yang kental di Maluku.

"Mari kita jaga keanekaragaman di Maluku, supaya suasana yang sudah kondusif ini terjaga dengan baik, sehingga dapat merayakan hari raya Idul Fitri dengan damai, indah dan berdampingan," kata Pangdam Syafrial.

Sementara itu Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif menekankan pentingnya keselamatan dan kenyamanan selama perjalanan mudik pada Idul Fitri 1445 Hijriah ini.

"Operasi Ketupat-2024 melibatkan 155.000 personel selama 13 hari, dari  4 hingga 16 April 2024. Persiapan intensif telah dilakukan sejak tanggal 26 Maret hingga 3 April 2024, dan akan berlanjut pasca operasi hingga 23 April 2024. Terdapat 5.784 pos yang telah disiapkan untuk memberikan pelayanan prima dan pengamanan optimal selama operasi," katanya

Oleh sebab itu lanjutnya kebijakan terkait pengaturan lalu lintas jalan dan penyeberangan selama arus mudik dan arus balik angkutan Lebaran 2024 telah dikeluarkan bersama oleh Polri, Kementerian Perhubungan, dan instansi terkait lainnya, dengan tujuan mendukung keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Gubernur Maluku Murad Ismail, Kabinda Maluku Brigjen TNI Anton Irianto Popang, Kabakamla Zona Maritim Laksma TNI Agam Endrasmoro, Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku Agoes Soenanto Prasetyo dan Wakapolda Maluku Brigjen Pol Stephen M. Napiun.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024