Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) kelas II Tulehu Maluku memastikan lima kapal cepat siap melayani arus balik Idul Fitri 1445 hijriah/2024 Masehi.

“Lima kapal yang tersedia yaitu Kapal cepat Expres Cantika Torpedo, E C 88, E Pricilia 99, EC. Inova (cadangan), Kapal Cantika Lestari 99B (Fery),” kata Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas II Tulehu, Margarita Wattimury saat dihubungi dari Ambon, Minggu.

Kelima kapal tersebut melayani penyeberangan menuju wilayah Haruku, Saparua, Masohi, dan beberapa pulau-pulau kecil lainnya di wilayah Maluku Tengah.

Menurut Margarita meskipun belum ada lonjakan penumpang yang signifikan pihaknya tetap melakukan langkah-langkah antisipasi untuk memastikan kelancaran dan keamanan lalu lintas penyeberangan melalui pelabuhan tersebut.

“Kami pastikan seluruh calon penumpang bisa terlayani begitu juga dengan penumpang program kegiatan mudik gratis sehingga tidak terjadi penumpukan calon penumpang,” ujar dia.

Oleh sebab itu kata dia meskipun tidak ada penambahan fasilitas pelabuhan pihaknya memaksimalkan fasilitas yang ada untuk memberikan kenyamanan kepada calon penumpang.

“Seperti ruang tunggu, dan fasilitas pendukung lainnya yang memang sudah ada sebelumnya, kemudian kami juga menyiapkan KN Kalawai dari Pelabuhan Tual untuk membantu jika terjadi lonjakan penumpang,” tuturnya.

Wattimury berharap, proses penyeberangan laut dari Pelabuhan Tulehu selalu berjalan baik agar pengguna jasa transportasi merasa aman dan nyaman untuk bepergian.

Ia juga mengimbau masyarakat yang akan melakukan arus balik dengan kapal harus membeli tiket. Atau apabila jika ada hal-hal tertentu dapat dikoordinasikan dengan petugas atau ABK kapal.

Hal ini agar nama penumpang terdaftar dalam manifes, sehingga UPP tidak disalahkan apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan di atas kapal.

“Karena beberapa kali juga kedapatan penumpang yang naik kapal tanpa tiket. Artinya tidak harus dari UPP saja tetapi penumpang juga harus beli tiket. Kita juga selalu ingatkan kalau ada aduan, silahkan hubungi kontak person yang sudah kita sediakan di loket tiket,” ucap dia.

 

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024