Rektor Universitas Pattimura (Unpatti) mengemukakan Olimpiade Sains di lingkup kampus tersebut merupakan bentuk upaya meningkatkan daya saing Sumber Daya Manusia (SDM) Maluku yang unggul.

“Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) sangat diminati para siswa saat ini dan ini menjadi penting karena kita tahu bersama saat ini adalah era IT, digitalisasi, kita tidak akan menjadi negara tertinggal jika kita memiliki kemampuan sains yang tinggi,” kata Rektor Unpatti Prof Freddy Leiwakabessy dalam keterangan yang diterima di Ambon, Jumat.

Hal itu diutarakan rektor saat menutup sekaligus menyerahkan medali kepada pemenang olimpiade Matematika dan IPA tingkat SD, SMP, dan SMA, yang diselenggarakan Unpatti. 

“Kami ingin berterima kasih kepada kepala sekolah, para guru pendamping, serta orang tua, yang telah memotivasi dan mendorong para peserta untuk bersaing pada Olimpiade Sains. Selamat kepada para pemenang tingkatkan semangat belajar, mengasah kemampuan sains karena kemampuan ilmu ini akan menjadi dasar untuk menguasai Ilmu dan berharap bukan hanya sebagai pengguna, namun dapat menjadi perancang atau penemu teknologi di masa depan,” ucapnya.

Sementara itu Ketua Panitia Olimpiade Sains MIPA Unpatti 2024 Dr Ivonne Telussa menjelaskan jumlah peserta Olimpiade Sains FMIPA Unpatti tahun 2024 mencapai 3.342 peserta yang berasal dari 330 sekolah dari sembilan kabupaten/kota di Maluku.

Peserta pada tingkat SD berjumlah 1.468 siswa dari 185 sekolah, tingkat SMP berjumlah 1.130 siswa dari 100 sekolah, dan tingkat SMA berjumlah 744 siswa dari 45 sekolah.

“Dan dari seluruh peserta yang mengikuti kompetisi ini, sebanyak 737 peserta berhasil masuk seleksi babak final, tingkat SD yang lolos 330 siswa yang berasal dari 121 sekolah, tingkat SMP berjumlah 231 siswa yang berasal dari 66 sekolah, dan tingkat SMA berjumlah 176 siswa yang berasal dari 28 sekolah,” katanya.

Pada kesempatan yang sama Plt Dekan Fakultas MIPA Unpatti Dr Henry Wattimanela mengatakan pelaksanaan olimpiade tersebut telah menjadi agenda tahunan dan tahun ini jumlah peserta meningkat signifikan yang menandakan antusiasme dari para peserta sangat luar biasa.

Wattimanela berharap agar dengan ajang ini bisa menjadi wadah untuk mengasah diri para siswa serta mengimbau bagi para peraih medali jangan pernah berpuas diri, teruslah mengasah diri agar siap untuk berkompetisi di tingkat yang lebih tinggi.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024