Ternate (Antara Maluku) - Warga Ternate di Maluku Utara memanfaatkan hari libur panjang hari raya Idul Fitri dengan memenuhi sejumlah tempat hiburan dan wisata yang ada di kota tersebut.

Salah seorang warga Ternate, Farida Nur ketika dihubungi di Ternate, Minggu, sejak pagi bersama seluruh keluarga menikmati tempat hiburan Watterboom di kawasan Benteng Kalamata.

Tempat hiburan watterboom yang baru saja diresmikan berada di pinggiran kota Ternate merupakan salah satu tempat hiburan favorit warga saat liburan, terutama pasca-hari raya Idul Fitri seperti tahun ini.

Selain tempat hiburan watterboom, warga Ternate juga tak ketinggalan menikmati libur panjang pasca-hari raya Idul Fitri dengan mendatangi sejumlah objek wisata seperti Pantai Sulamadaha dan berbagai objek wisata pantai lainnya di kota ini sejak Sabtu kemarin.

�Kami telah menuju ke objek wisata Pantai Sulamadaha, namun karena padatnya kendaraan roda dua dan empat tak mengurungkan niat kami untuk memanfaatkan libur usai hari raya Idul Fitri tetap datang ke objek wisata pantai di daerah ini,� kata salah seorang warga Ternate lainnya, Rismandi.

Meskipun ratusan kendaraan memadati jalan menuju kawasan objek wisata andalan di Malut tersebut, namun dirinya yang datang bersama keluarganya tetap berusaha masuk menerobos kemacetan.

Nampak terlihat sebagian besar warga yang menggunakan kendaraan roda dua maupun empat harus mencari sejumlah jalan alternative menuju ke objek wisata Pantai Sulamadaha.

Menurut salah seorang petugas di objek wisata Pantai Sulamadaha, Anwar mengakui jumlah pengunjung di objek wisata itu hari ini diprediksi tidak kurang dari 3000 orang.

Jumlah itu meningkat drastis jika dibandingkan dengan jumlah kunjungan hari libur biasa yang paling banyak 700 orang, bahkan tidak jarang hanya puluhan orang kalau cuaca pada hari libur kurang baik.

Jumlah pengunjung di objek wisata pantai andalan Kota Ternate itu puncaknya terjadi pada hari Minggu ini atau hari terakhir libur hari raya Idul Fitri. Petugas di objek wisata itu telah melakukan berbagai persiapan untuk mengantisipasi membanjirnya pengunjung di sana, khususnya persiapan dalam antisipasi terjadi musibah saat pengunjung mandi di pantai.

Objek wisata lainnya di Ternate yang juga banyak dikunjungi warga Ternate pada hari libur hari raya Idul Fitri ini adalah Pantai Bobane Ici dan Pantai Akerica.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Malut, AKBP Hendri Badar mengatakan, pada Operasi Ketupat, aparat kepolisian juga menempatkan personel di semua objek wisata di daerah ini untuk menjaga keamanan di objek wisata bersangkutan.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2013