Kepolisian Resort (Polres) Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara intensif menggelar program Pendidikan Masyarakat (Dikmas) di bidang lalu lintas  untuk mencegah dan  mengurangi kecelakaan  dan terciptanya ketertiban dan kelancaran berkendara di daerah itu.

Kasat Lantas Polres Sula AKP Walid Buamona dihubungi, dari Ternate, Minggu mengatakan, pendidikan masyarakat di bidang lalu lintas  perlu dilakukan untuk  meningkatkan pemahaman cara berkendara yang baik dan benar sebagai pengguna jalan.

Ia menggarisbawahi salah satu tugas Polri di bidang lalu lintas adalah memberikan masyarakat pendidikan soal aturan berlalu lintas.

Dirinya menjelaskan, personel Lalu Lintas Polres Sula melaksanakan kegiatan pendidikan masyarakat lalu lintas (Dikmas Lantas) dengan sasaran masyarakat yang ada di pangkalan ojek Desa Fatce, Kecamatan Sanana.

Dikmas Lantas adalah segala kegiatan  untuk menumbuhkan pengertian, dukungan serta keikutsertaan masyarakat agar aktif dalam  menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

Untuk itu, Unit Lantas Polres Sula mempunyai peran penting  memberikan pemahaman kepada masyarakat selaku pengguna jalan  bertujuan  mencegah terjadinya pelanggaran lalu lintas.

"Kami juga berusaha membina masyarakat demi meningkatkan partisipasi, kesadaran hukum serta ketaatan masyarakat terhadap hukum dan peraturan perundang-undangan yang sejalan dengan Undang-undang nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan," katanya.

Sementara itu, Personel Ditlantas Polda Malut melaksanakan sosialisasi keselamatan berkendara di SMA Katolik Kota Ternate agar pelajar memahami tertib lalu lintas, pentingnya menggunakan helm dan kelengkapan keselamatan kendaraan lainnya.

Kabid Humas Polda Malut, AKBP Bambang Suharyono mengatakan, para siswa yang berpartisipasi dalam kegiatan ini diberikan pemahaman mengenai pentingnya menggunakan helm, kelengkapan surat-surat kendaraan, serta kelengkapan kendaraan.

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Ipda Grace, didampingi oleh lima personel lainnya dari Ditlantas Polda Malut.

Hal ini merupakan bagian dari upaya Ditlantas Polda Malut untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman para pelajar akan pentingnya menjaga keselamatan dalam berkendara.

Ditlantas Polda Malut berharap para pelajar dapat menjadi pengguna jalan yang lebih bertanggung jawab dan mematuhi peraturan lalu lintas. Selain itu, para pelajar juga diharapkan dapat menjadi agen perubahan dalam mempromosikan budaya keselamatan berkendara di tengah-tengah masyarakat.

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024