Pemerintah Kabupaten Buru, Maluku melakukan berbagai macam upaya untuk memastikan stabilitas harga bahan pokok menjelang hari raya Idul Adha 1445 hijriah/2024.

“Terkait harga-harga bahan pokok di Kabupaten Buru sendiri saat ini bisa dikatakan relatif stabil,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Buru Syahfan Umasugi saat dihubungi dari Ambon, Jumat.

Ia mengatakan berbagai upaya yang dilakukan Pemkab Buru dalam menjaga stabilitas harga bahan pokok tersebut yakni melakukan pasar murah, pantauan harga pasar hingga mencegah penimbunan bahan pokok agar ketetapan harga yang dibuat oleh pemerintah sama dengan harga yang dijual oleh para pedagang.

Ia melanjutkan berdasarkan pantauan harga pasar yang dilakukan per hari ini, tak terjadi kenaikan harga dari 38 jenis bahan pokok yang dijual di Kabupaten Buru.

“Contohnya beras termurah SPHP Bulog masih Rp13.000 per kilogram, beras termahal  Rp19.000  per kilogram kategori premium, kemudian harga cabai merah keriting masih stabil di Rp21.667 per kilogram, cabai rawit merah Rp46.667 per kilogram,” katanya.

Tak hanya itu ia menyebutkan bahwa harga Minyakita yang dijual di pasar Kabupaten Buru pun masih stabil Rp18.000 per liter, minyak goreng kemasan premium per liter juga dijual Rp25.000.

Syahfan mengatakan stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok di Kabupaten Buru juga ditentukan dari kelancaran arus transportasi laut dari Ambon atau dari luar daerah ke kabupaten itu.

“Jadi distribusi bahan pokok ke Kabupaten Buru ini kan melalui transportasi laut, kalau transportasi laut tidak lancar maka ketersediaan bahan pokok di Buru juga terancam," ujarnya.

Berkaitan dengan hal itu Syahfan mengatakan sejauh ini belum ada hambatan yang berarti dalam proses distribusi bahan pokok melalui jalur laut dari Kota Ambon bahkan dari Pulau Jawa.

Apalagi saat ini ada beberapa angkutan laut yang melayani distribusi bahan pokok ke Kabupaten Buru yakni kapal tol laut, kapal Pelni, feri, dan kapal swasta lainnya.

Syahfan berharap para pedagang ikut membantu pemerintah dalam menjaga stabilitas harga bahan pokok menjelang Idul Adha guna mengendalikan inflasi di daerah itu.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024