Komando Daerah Militer (Kodam) XV Pattimura mengajak semua pihak menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat sehari-hari.

"Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia," kata Kasdam XV Pattimura Brigjen TNI Nefra Firdaus, mewakili Pangdam XV/Pattimura Mayjen TNI Syafrial di Ambon, Sabtu.

Pada upacara memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024 di Makodam XV Pattimura, Kasdam menjelaskan, peringatan kali ini mengusung tema 'Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045'.

"Tema tersebut mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan bangsa dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia emas yang maju, mandiri dan berdaulat," katanya.

Dalam kesempatan itu juga Kasdam membacakan amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia Yudian Wahyudi.

Menurut Yudian, bahwa peringatan Hari Lahir Pancasila didasarkan pada peristiwa sejarah ketika Bung Karno, sebagai Proklamator Kemerdekaan, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK).

Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, Kepala BPIP RI mengajak komponen bangsa di manapun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Penghormatan kepada bendera merah-putih pada upacara peringatan hari lahir Pancasila di Maluku. ANTARA/HO-Pers Pendim

Lanjut dikatakan, perkembangan situasi global yang ditandai kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan.

"Pesatnya kemajuan teknologi informasi saat ini yang ditandai dengan masifnya penggunaan teknologi dan ponsel pintar (smartphone) dalam mengakses informasi melalui beragam media harus dapat dimanfaatkan secara bijaksana untuk menyiarkan konten-konten dan narasi positif yang mencerminkan aktualisasi nilai-nilai Pancasila di tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," katanya menjelaskan.

Dengan semangat Pancasila yang kuat, Kepala BPIP yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Terlebih, di tengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial dan politik.

"Keberhasilan tersebut tentu merupakan sumbangsih gotong royong seluruh anak bangsa dengan ideologi Pancasila sebagai fondasi dasarnya," katanya.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024