Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Ambon melakukan transformasi mutu layanan dalam rangka meningkatkan kualitas dan kepuasan peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat.

"Sampai dengan Juni 2024 BPJS Kesehatan Cabang Ambon telah bekerja sama dengan 286 fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) dan 28 fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjut," kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ambon Harbu Hakim di Ambon, Maluku, Rabu.

Dia menjelaskan transformasi mutu layanan jaminan kesehatan nasional (JKN) masih menjadi fokus BPJS Kesehatan pada 2024, sesuai dengan arahan Presiden Jokowi.

"Transformasi layanan tersebut juga merupakan upaya bersama antara BPJS Kesehatan dengan provider layanan kesehatan program JKN untuk meningkatkan kualitas layanan bagi peserta JKN," kata dia.

BPJS Kesehatan dan fasilitas kesehatan berkomitmen untuk secara bersama-sama mengimplementasikan janji layanan program JKN di seluruh fasilitas kesehatan bagi peserta JKN.

Harbu mengakui selama ini banyak menerima masukan soal perbaikan layanan.

Ia menjelaskan sekarang ini cukup hanya dengan menunjukkan kartu tanda penduduk (KTP) atau nomor induk kependudukan (NIK) seluruh peserta JKN aktif bisa mengakses layanan kesehatan asalkan sesuai prosedur.

"Misalnya ada yang sedang melaksanakan tugas keluar kota dalam beberapa hari, jika sakit saat bisa segera mencari klinik pratama, puskesmas, dan dokter praktik perorangan mitra BPJS Kesehatan terdekat. Hal itu dijamin, bahkan ketika harus dirujuk," ujarnya.

Selain itu, BPJS Kesehatan memiliki layanan BPJS Online yang merupakan salah satu kanal layanan tanpa tatap muka melalui konferensi video atau perangkat daring, untuk memfasilitasi peserta JKN yang terkendala akses atau jarak dalam mendapatkan layanan informasi maupun pengaduan terkait dengan program JKN.

Berdasarkan data BPJS Kesehatan Cabang Ambon, jumlah peserta JKN sampai dengan Mei 2024 di Provinsi Maluku mencapai 97,31 persen atau 1.849.708 jiwa.

Pewarta: Winda Herman

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024