Kepolisian Daerah (Polda) Maluku bekerja sama dengan Universitas Terbuka (UT) Ambon meningkatkan kualitas anggota Polri demi pelayanan masyarakat yang lebih baik.

“Pentingnya pendidikan untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi anggota Polri dari semua golongan pangkat agar semakin profesional dan humanis dalam melayani masyarakat," kata Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif di Ambon, Rabu.

Hal ini disampaikannya saat menerima kunjungan silaturahim dan audiensi dari Direktur UT Ambon Yuli Tirtariandi El Anshori didampingi sejumlah stafnya di ruang tamu Kapolda di Markas Polda Maluku, Tantui, Ambon.

Pertemuan antara Kapolda dan Direktur UT Ambon membahas terkait informasi mengenai peluang pendidikan tinggi yang fleksibel dan terjangkau di UT Ambon serta memperkuat kerja sama dalam bidang pendidikan antara UT Ambon dan Polda Maluku.

Kapolda mendorong seluruh personel Polda Maluku untuk melanjutkan pendidikan mereka. Sebab, hal tersebut merupakan bagian dari pengembangan sumber daya manusia dan bermanfaat bagi karir anggota ke depannya.

Ia mengatakan bahwa tantangan saat ini dan ke depan semakin berat dan kompleks, sehingga diperlukan wawasan, kemampuan dan kompetensi yang semakin baik.

Menurut dia, semua anggota Polri bahkan seorang Tamtama sekalipun harus dapat mengikuti pendidikan formal di perguruan tinggi dan meraih gelar sarjana demi masa depannya serta meminimalkan pengaruh-pengaruh negatif yang merugikan.

“Jadi sebaiknya penghasilan sementara digunakan untuk hal - hal yang positif seperti menjadi sarjana daripada gaji kalian habis untuk sesuatu yang tidak bermanfaat bahkan bisa merusak karir dalam tugas," tegas Kapolda.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda juga berharap langkah kerja sama dapat memperkuat hubungan antara UT Ambon dan Polda Maluku serta memberikan dampak positif bagi pengembangan kualitas anggota Polri.

Sementara itu, Direktur UT Ambon Yuli Tirtariandi El Anshori menjelaskan kerja sama antara UT dan Polri telah berlangsung sejak 2010. Kerja sama tersebut telah menghasilkan ribuan sarjana yang bekerja di institusi pemerintahan, termasuk TNI-Polri dan ASN lainnya.

Dalam lima tahun terakhir, sebanyak 700 anggota Polri di Polda Maluku telah berkuliah di UT Ambon dengan mayoritas memilih jurusan Fakultas Hukum, Administrasi Negara, dan Ekonomi Akuntansi.

Menurut dia, sistem pembelajaran jarak jauh yang diterapkan oleh UT mempermudah anggota Polri dalam menempuh pendidikan tinggi.

“Meskipun dihadapkan dengan berbagai tugas dan tanggung jawab atau operasional bawah kendali operasi (BKO) di luar kota, anggota Polri tetap dapat mengikuti perkuliahan dan ujian secara online dengan memanfaatkan jaringan internet," ucap Yuli.

Pewarta: Winda Herman

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024