Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tengah, Provinsi Maluku menyalurkan 36 sapi ke berbagai masjid di daerah itu untuk disembelih pada Idul Adha 1445 Hijriah.

“Untuk Idul Adha tahun ini pemerintah menyumbangkan dan menyalurkan sebanyak 36 sapi ke masjid-masjid yang ada di Maluku Tengah,” kata Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kabupaten Maluku Tengah Sahira Tuankotta dalam keterangan diterima di Ambon, Senin.

Ia mengatakan puluhan sapi kurban itu dibagikan kepada masjid di 12 kecamatan, yakni Salahutu, Leihitu Barat, Pulau Haruku, Saparua Timur, Kota Masohi, Saparua, Amahai, Tehoru, Kobi, Seti, Seram Utara, dan Serut Barat.

“Hewan kurban itu dibagikan untuk desa-desa di 12 kecamatan, di antaranya Tulehu, Tial, Kulur, Tehoru, dan lain sebagainya,” katanya.

Ia berharap, sukacita Idul Adha dapat dirasakan seluruh warga yang merayakan lewat pembagian daging kurban.

“Semoga manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat Maluku Tengah,” ucapnya.

Terkait dengan Shalat Idul Adha di Maluku Tengah, umumnya mengikuti ketetapan hasil sidang isbat penentuan 1 Zulhijjah 1445 H yang digelar pada Jumat (7/6) oleh Kementerian Agama.

Namun, beberapa desa di kabupaten itu telah melangsungkan Shalat Idul Adha pada Minggu (16/6).

Beberapa desa tersebut. yakni Negeri (Desa) Wakal, Kaitetu, Seith, dan Lima. Mereka menggelar Shalat Idul Adha lebih awal, selain berdasarkan perhitungan bulan kalender falakiah juga merujuk prosesi wukuf di Arafah, Makkah.

Seusai melaksanakan shalat, warga di empat negeri tersebut melanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban, bertempat di halaman masing-masing masjid negeri, kemudian melakukan pembagian daging kurban kepada masyarakat.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024