Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon Maluku mengirim tiga mahasiswa untuk mewakili universitas tersebut pada lomba debat nasional bertajuk Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) 2024 di Universitas Ciputra Surabaya. 

"Mereka adalah Almendo Imanuel Pohwainyaan, Aldrin Melvin Kakisina, dan Yondri Siletty yang akan menjadi wakil Universitas Pattimura," kata Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unpatti, Nur Aida Kubangun dalam keterangan tertulis yang diterima di Ambon, Rabu. 

Kubangun menjelaskan, kompetisi bidang debat berbahasa Indonesia yang dilaksanakan Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi ini, merupakan salah satu kegiatan aktualisasi diri bagi mahasiswa Indonesia.  

"Ini kegiatan berskala nasional yang diikuti oleh 112 tim finalis KDMI tahun 2024 dari Perguruan Tinggi se-Indonesia. Untuk itu, bagi delegasi Unpatti, selamat atas capaiannya, dan selamat berkompetisi," katanya.  

“Kami tentu berharap, delegasi Unpatti dapat memberikan yang terbaik bagi Universitas. Karena keterlibatan mahasiswa berprestasi, tentu juga akan mendukung Indikator Kinerja Utama Universitas dan menjawab visi-misi universitas, yakni menjadi universitas yang unggul, bersinar menuju World Class University,” kata dia.  

Sementara itu Rektor Unpatti Prof Freddy Leiwakabessy mengatakan saat ini Universitas Pattimura berkomitmen meningkatkan prestasi akademik maupun nonakademik mahasiswa.

Menurutnya lomba debat antarperguruan tinggi memiliki peran yang sangat penting dalam kompetisi di era global.

Pasalnya kata dia lomba debat tingkat perguruan tinggi adalah platform yang signifikan untuk pengembangan keterampilan kritis, analitis, dan komunikasi mahasiswa, serta memiliki dampak yang luas dalam beberapa aspek lomba debat ini menuntut wawasan yang luas, kemampuan berbahasa Indonesia yang baik dan kemampuan berargumentasi.

Kemampuan bahasa Indonesia yang baik akan meningkatkan kemampuan komunikasi mahasiswa dalam berinteraksi. Sedangkan kemahiran dalam berargumentasi akan meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk membuat keputusan berdasarkan analisis yang logis dan faktual.

"Diharapkan ketiga mahasiswa Unpatti ini dapat membanggakan almamater dan memberikan hasil yang maksimal bagi Unpatti," ucapnya.

 

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024