Penjabat Gubernur Maluku melantik Raden Affandy Hasanusi sebagai Penjabat Wali Kota Tual menggantikan Akhmad Yani Renuat untuk menjalankan tugas sebagai kepala daerah hingga usai Pilkada 2024.

"Pelantikan ini menindaklanjuti Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian Nomor100.2.1.3 –1430 2024 tanggal 16 Juli 2024, tentang pemberhentian dan pengangkatan Penjabat Wali Kota Tual," kata Penjabat Gubernur Maluku Sadali Ie di Ambon, Jumat.

Pelantikan Hasanusi yang saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Pengelola Perbatasan Daerah dilakukan setelah Akhmad Yani Renuat menyatakan mengundurkan diri sebagai Pj Wali Kota Tual untuk ikut serta dalam Pilkada serentak Kota Tual 27 November 2024.

Sadali Ie berpesan tugas  Pj Wali kota salah satunya menjamin dan memberikan dukungan kepada KPU, Bawaslu dan pihak keamanan, termasuk netralitas ASN dalam pelaksanaan Pilkada 2024.

“Ini penugasan prioritas yang diamanatkan pemerintah pusat, maka saudara wajib melaksanakan dan melaporkan kinerja setiap tiga bulan kepada Mendagri maupun Gubernur,”ujarnya.

Selain itu kata dia, Pj Wali Kota Tual juga dituntut untuk segera melakukan konsolidasi semua level terutama melakukan komunikasi koordinasi dengan  DPRD, TNI/Polri, Forkopimda, instansi vertikal, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta elemen masyarakat lainnya.

Sadali juga mengingatkan Pj Wali kota untuk memastikan agar arahan Presiden tentang penanganan inflasi, stunting, angka kemiskinan ekstrem, belanja APBD, pencegahan TBC dan pelaksanaan vaksinasi polio, serta menjaga kamtibmas menuju Pilkada serentak, harus mendapat prioritas dalam kerja prioritas.

Ia melanjutkan belajar dari pengalaman Pilkada sebelumnya, beberapa masalah yang sering ditemukan, antara lain gangguan kamtibmas, mobilisasi massa untuk kampanye, fanatisme kepada sosok calon, masalah data pemilih, distribusi logistik, kampanye hitam hingga politik uang. 

"Oleh sebab itu, Pj Wali kota harus membangun komunikasi, koordinasi dan kolaborasi yang sinergis dengan pemerintah Provinsi, pemerintah kabupaten/kota, aparat keamanan, penyelenggara pilkada, partai politik, calon peserta pilkada, dan seluruh elemen masyarakat dalam mewujudkan pilkada aman di bumi berjuluk Maren," tuturnya.

Dalam momentum itu, juga dilaksanakan pelantikan Rahmi Meutia Hassanusi sebagai Penjabat Ketua PKK Kota Tual, menggantikan Maimuna Renwarin.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024