Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) PSAA Budi Sentosa dan Rumah Sejahtera Dinas Sosial Provinsi Maluku Utara menggelar Pekan Kreasi dan Seni Anak Gembira (Pakesang) dipusatkan di Ternate.

"Ini merupakan salah satu progres inovasi yang telah dirancang dengan baik diharapkan follow up-nya berdampak pada perbaikan kualitas output dalam mendorong pengasuhan layak dan berintegrasi serta meningkatkan upaya perlindungan anak dalam bingkai nusantara baru Indonesia maju," kata Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Pemprov Malut, DR Nurlela Muhammad,M.Pd di Ternate, Minggu.

Selain itu, kegiatan pekan kreasi dan seni anak gembira dipusatkan di Ternate dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional dan menyambut hari Kemerdekaan ke 79 tahun 2024.

Untuk itu, di bulan Juli ini, Pemprov Malut bersama-sama memperingati Hari Anak Nasional, dan momentum Hari Anak bagi Pemerintah Daerah adalah momentum untuk mengevaluasi sejauh mana keterlibatan pemerintah dalam memenuhi hak-hak anak yang termaktub di dalam Pasal 34 ayat 1 undang-undang Dasar 1945.

Dimana dalam hal ini pengejawantahan tugas dan tanggung jawab tersebut melekat pada Dinas Sosial Malut melalui UPTD Panti Sosial Asuhan Anak, sebab anak-anak asuh di panti anak juga adalah bibit-bibit SDM daerah yang diharapkan kelak akan turut berkontribusi pada pembangunan masyarakat dan pembangunan daerah.

Olehnya itu, kata Staf Ahli, harapan kita bersama bahwa anak-anak yang diasuh Panti Anak terpenuhi hak-haknya, tumbuh menjadi anak-anak yang berakhlak baik, berkarakter mandiri, kreatif dan pantang menyerah, walaupun yang keterbatasan ekonomi keluarga tapi tidak menghalangi semangat mereka untuk menggapai cita-citanya.

Di samping itu, kegiatan rekreasi pada hari ini juga dapat menjadi momentum untuk menciptakan kedekatan emosional dengan anak dan pengasuhnya.

"Harapan saya semoga anak-anak dan pengasuh semuanya berbahagia mengikuti kegiatan ini dengan semangat dan gembira," pungkasnya.

Acara dilanjutkan dengan pelepasan balon di udara sebagai tanda dimulainya rangkaian Pakesang atau Pekan Kreasi dan Seni Anak Gembira dan juga rangkaian Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-79 serta penyerahan secara simbolis santunan dan bingkisan kepada anak panti yang diserahkan oleh Staf Ahli.

Sebelumnya Kepala UPTD PSAA Budi Sentosa dan Rumah Sejahtera H. Susan Esther Garusim, dalam laporannya menyampaikan bahwa Pekan Kreasi dan Seni Anak Gembira atau di singkat PAKESANG adalah salah satu kegiatan inovasi dari PSAA dan dilaksanakan menyambut HUT 17 Agustus dan pelaksanaannya mulai hari ini 28 Juli sampai tanggal 18 Agustus 2024.

Kepala UPTD mengatakan ini pertama kali kegiatan diadakan di luar panti dan berharap semoga berjalan lancar.

Sementara Kadis Sosial Provinsi Malut Zen Kasim,SH dalam sambutannya berharap agar anak -anak Panti ini tidak malu menjadi anak asuh karena itu haknya yang sudah diatur negara untuk melihat dan memberikan pendidikan yang layak bagi anak-anak.

"Saya berharap tetap semangat belajar dan berprestasi mengejar cita-cita ke depan bisa sukses," ujarnya.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024