Sebanyak delapan Unit Pelaksana Teknis (UPT) di Provinsi Maluku menggelar sejumlah lomba dalam menyongsong hari ulang tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia sebagai bentuk membangun sinergisitas.

“Ini menjadi momen dalam menjaga dan menjalin silaturahmi, memperkuat persatuan dan kesatuan antarlembaga sehingga diharapkan menjadi pondasi dasar dalam kolaborasi-kolaborasi lain kedepannya,” kata Ketua panitia penyelenggara lomba lingkup UPT Provinsi Maluku Danny H Pattipeilohy, di Ambon, Jumat.

Delapan UPT tersebut yakni, Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian, Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan Ambon, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Perwakilan Maluku, Balai Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan Maluku, Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Ambon Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Kemudian Balai Standarisasi dan Pelayanan Jasa Industri Ambon, Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Waeheru Ambon dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Maluku.

“Dengan kegiatan ini, kami ingin membangun semangat, kebersamaan antara instansi terkait dalam membangun Maluku ke depan,” ujarnya.

Ia mengaku kegiatan perlombaan ini sudah dilakukan tiga kali sejak 2022. Untuk tahun ini BKSDA menjadi panitia penyelenggara, karena menjadi juara umum pada tahun sebelumnya.

“Nanti kita akan ada penambahan instansi lagi setiap tahunnya. Tahun ini kami menambah dua instansi antara lain dari PSDKP dan SUPM,” jelas Danny, yang juga Kepala BKSDA Maluku.

Sementara itu, Kepala Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian (BPSIP) Kardiyono mengatakan sebagai tuan rumah, ia telah mempersiapkan segalanya mulai dari lapangan dan fasilitas lainnya.

“Dipastikan selama kegiatan akan berjalan aman hingga acara selesai. Mudah-mudahan lancar hingga akhir penutupan pada 17 Agustus 2024 sekaligus upacara dan memberikan hadiah bagi pemenang,” katanya.

Ia mengaku kegiatan seperti ini akan terus dilakukan ke depan agar dapat menumbuhkan semangat bagi semua untuk membuahkan hasil yang baik demi pembangunan Maluku dan Indonesia ke depan.

Kegiatan lomba lingkup UPT Maluku ini akan berlangsung 2-16 Agustus 2024. Mata lomba yang diadakan yakni tenis meja, catur, badminton, lari satu kilometer, gawang mini putra putri, karaoke, goyang ikan naik di pantai dan tarik tambang.

Pewarta: Winda Herman

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024