Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah (Malteng)  meningkatkan sektor pariwisata melalui literasi digital pada desa-desa di kabupaten tersebut.

"Upaya tersebut tentunya dibantu oleh tim Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Divisi Layanan Telekomunikasi dan Informatika," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Maluku Tengah Jauhari Tuarita dalam keterangan yang diterima di Ambon, Senin.

Ia menjelaskan upaya meningkatkan literasi diawali dengan  kunjungan ke desa wisata dan melakukan wawancara dengan pengelola Badan usaha milik negeri/desa (Bumneg) atau badan pengelola lainnya. 

"Lokasinya yakni Desa Sawai Kecamatan Seram Utara, Desa Salemba Seram Utara Barat, serta Desa Nusantara dan Dwiwarna Kecamatan Banda Neira," kata dia.

Dalam kegiatan itu pihaknya juga melibatkan masyarakat dan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Menurut dia, literasi digital dapat dijadikan rujukan sosial untuk menunjang keunggulan pariwisata dengan menggunakan sumber-sumber digital.

Hal tersebut kata dia selaras dengan visi dan misi tim BAKTI Kementerian Kominfo RI yakni menjembatani kesenjangan digital untuk masa depan Indonesia yang lebih baik dan memberikan layanan Kewajiban Pelayanan Universal (KPU/USO) yang berkualitas dan tepat sasaran.

"Oleh sebab itu bagi Pemkab Malteng literasi digital  penting yakni melibatkan pemahaman dan penggunaan perangkat digital serta aplikasi yang relevan dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk keperluan pribadi, pendidikan, maupun profesional," ucapnya.

Ia berharap melalui program ini dapat meningkatkan sektor pariwisata unggulan di Malteng serta menjadi wadah promosi bagi sektor tersebut.

Sementara itu saat ini Dinas Pariwisata Malteng sedang fokus mengembangkan dua destinasi wisata yang menjadi prioritas pada  2024.

Dua destinasi wisata yang menjadi fokus yaitu Pantai Natsepa di Negeri Suli yang merupakan pintu masuk Kabupaten Maluku Tengah, dan wisata sejarah di Banda Naira.

"Sektor pariwisata menjadi unggulan Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah, dengan dua destinasi wisata yang menjadi fokus yakni pantai Natsepa dan pulau Banda Naira dengan harapan akan memberikan dampak bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat, " kata Kepala Dinas Pariwisata Maluku Tengah Angki Wattimena.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024