Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Barat Daya (MBD), Provinsi Maluku memberikan beasiswa penuh kepada 19 mahasiswa di daerah itu hingga selesai kuliah dalam bidang pertambangan sebagai kontribusi membangun daerah.

"Hari ini kami menyerahkan ijazah dan sertifikat kepada perwakilan 19 lulusan Program Sarjana Terapan ke-53 Angkatan 2020 Politeknik Energi dan Mineral (PEM) Akamigas yang dibiayai oleh Pemda MBD," kata Bupati Maluku Barat Daya(MBD) Benyamin Th. Noach dalam keterangan tertulis yang diterima di Ambon, Selasa.

Benyamin Noach menyampaikan harapan kepada para lulusan PEM Akamigas agar dapat berkontribusi pada masa depan pertambangan di Maluku Barat Daya.

Ia mengungkapkan potensi besar wilayah tersebut yang meliputi beberapa blok tambang seperti Blok Masela, Babar Tengah, Sermata, Moa Selatan, Moa Utara, Leti, tambang tembaga di Wetar, serta tambang emas di Roma.

”Khusus untuk adik-adik Akamigas, harapan Pemerintah Daerah adalah pada waktunya nanti, 10 tahun atau 20 tahun yang akan datang, blok-blok tambang kita akan terbuka. Kita punya potensi tambang di Maluku Barat Daya, ada Blok Masela, ada Blok Babar Tengah, Sermatang, Moa Selatan, Blok Moa Utara, ada Blok Lety, ada tambang tembaga di Wetar, dan juga tambang emas di Romang, dan mungkin masih banyak lagi, para lulusan inilah yang nantiny bisa berkontribusi untuk tambang-tambang itu," ujar Bupati.

Lebih lanjut Bupati mengingatkan para lulusan PEM Akamigas untuk tidak terburu-buru kembali bekerja di Blok Masela atau tambang lokal lainnya setelah lulus, namun tetap meningkatkan kemampuan dan kapasitas dengan terus menuntut ilmu dengan bersaing dan berkompetisi di tingkat global guna memperoleh pengalaman kerja yang lebih luas.

"Jangan pernah berpikir untuk cepat-cepat kembali ke Blok Marsela, Blok Marsela itu hanya satu dari ribuan tambang dan penambangan minyak dan gas bumi yang berada di dunia dan saudara-saudara dituntut untuk nanti berkompetisi lagi untuk mendapatkan pekerjaan dalam rangka mengumpulkan pengalaman," ucapnya.

Sementara itu, perwakilan lulusan PEM Akamigas Aprilia Mandaka menyampaikan ungkapan rasa terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya dan semua pihak yang telah membantu mereka selama proses pendidikan.

Dia menyampaikan bahwa beasiswa yang mereka terima telah diperjuangkan dan digunakan dengan baik untuk menyelesaikan pendidikan mereka.

"Kami berkomitmen untuk tak menyia-nyiakan pendidikan yang telah diberikan pada kami, kami mendoakan agar Tuhan Yang Maha Esa memberikan kesehatan dan keberkahan kepada Bupati, Wakil Bupati, dan seluruh jajarannya agar dapat terus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat MBD," ucap dia.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024