Tujuh pasangan bakal calon Bupati-Wakil Bupati dan Wali kota Wakil Wali Kota menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Johannes Leimena Ambon. 

Tujuh pasangan bakal calon kepala daerah yang menjalani pemeriksaan kesehatan yakni dua dari kota Ambon yakni Bodewin Wattimena-Ely Toisutta dan Jantje Wenno- Syarif Bakri Asyathri. 

"Sedangkan lima pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Seram Bagian Barat (SBB) yakni, Timotius Akerina-Yudin Hitimala, Fransiane Puttilehalat-Taher Bin Ahmad , Asri Arman-Selfianus Kainama, Hatta Hehanusa-Stanley Salenussa dan Samson Atapary-Rasyd Lisaholit," kata Ketua Tim Pemeriksa, RSUP.Dr Leimena, dr. Saleh Tualeka, di, Ambon, Jumat. 

Ia mengatakan pemeriksaan kesehatan dilakukan tim dokter spesialis, dokter umum serta tim pendukung.

"Peran tim pendamping sangat berperan untuk memperlancar seluruh proses pemeriksaan pasangan calon yang terdiri dari lima pasangan calon dari Kabupaten SBB dan dua dari kota Ambon, " katanya. 

Ia menyatakan, proses pemeriksaan dimulai dari kesehatan jasmani yakni pemeriksaan fisik secara keseluruhan, dan pemeriksaan rohani, yaitu pemeriksaan fisik dan psikologi. 

Pihak rumah sakit juga telah mempersiapkan fasilitas dan tim medis yang kompeten untuk menjalankan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh.

Pemeriksaan kesehatan juga melibatkan BNN Provinsi Maluku untuk melakukan pemeriksaan terkait narkoba.

"Seluruh tim yang disiapkan Alhamdulillah sudah siap, pemeriksaan dimulai pukul 07.00 WIT dan berakhir malam hari, kami harapkan para calon dalam kondisi kesehatan yang baik, sehingga hasil pemeriksaan kesehatan yang akan kami sampaikan ke KPU juga baik, " katanya. 

Ketua KPU Kota Ambon, Kaharudin Mahmud menjelaskan, pihaknya telah menyerahkan surat pengantar untuk pemeriksaan empat bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota. 

"Kita telah melihat pasangan calon menjalani pemeriksaan, dan pada saatnya akan diumumkan hasilnya,"ujarnya.

Selanjutnya, pemeriksaan kesehatan kan dilakukan ke dua pasangan calon Agus Ririmasse-Muhammad Novan Liem dan Muhammad Tadi Salampessy-Emilyh Luhukay.

"Kami berharap hasil pemeriksaan baik dan pada waktunya pasangan bakal calon bisa bisa ditetapkan sebagai calon pada 22 September 2024, "ujarnya

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024