Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon Maluku meningkatkan mutu program studi di luar kampus utama (PSDKU) guna pemerataan pendidikan di Maluku.

"Peningkatan itu kami wujudkan lewat sidang mutu PSDKU dengan tema Membangun PSDKU yang Bermutu Menuju Perguruan Tinggi yang Mandiri," ujar Akademisi Unpatti sekaligus pimpinan sidang Prof Aholiab Watloly saat dihubungi dari Ambon, Maluku , Sabtu.

Guru besar bidang sosiologi kepulauan ini mengatakan sidang mutu merupakan momentum penting dan strategis sebagai upaya dari proses pengembangan mutu PSDKU.

Pasalnya kata dia sejak 12 program studi PSDKU terakreditasi baik pada tahun 2020, maka perlu adanya peningkatan akreditasi dari baik ke level akreditasi sangat baik.

“Tahun depan PSDKU akan melakukan penginputan dokumen akreditasi dalam rangka peningkatan level akreditasi,” ujarnya.

Melalui sidang mutu ini, Prof. Watloly berharap adanya langkah strategis yang ditetapkan bersama demi tercapainya pengembangan mutu PSDKU baik secara institusi, maupun program studi pada level akreditasi.

Disamping itu, adanya pengembangan karier bagi dosen yang mengarah pada tridharma perguruan tinggi, pengembangan karir bagi tenaga kependidikan PSDKU, pengembangan akademik, kerjasama dengan mitra serta pelayanan kepada mahasiswa.

“Kegiatan ini tidak hanya sekedar seremonial saja tetapi ada output, outcome serta capaian yang terukur setiap tahunnya,” ucapnya.

Saat ini banyak mahasisiwa PSDKU telah mendapatkan beasiswa terutama yang ada di kampus Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) dan Kepulauan Aru.

Beasiswa itu dianggarkan oleh Inpex Masela dengan memberikan kuota kepada 107 Mahasiswa.

Pada kesempatan lain Manager Communicatons dan Relations Inpex Masela, Puri Minari mengatakan bahwa pemberian beasiswa merupakan bentuk investasi Inpex Masela kepada masyarakat yang berada di sekitar wilayah kerja Inpex Masela (MBD dan Aru) khususnya para mahasiswa berprestasi tapi kurang mampu secara ekonomi.

Inpex juga menyelenggarakan kegiatan pendampingan dan peningkatan kapasitas mahasiswa penerima beasiswa, yakni pelatihan berkala untuk peningkatan prestasi akademik dan non akademik.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024