Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Ambon mengoptimalkan program kemandirian ekonomi bagi para warga binaan pemasyarakatan (WBP).

"Demi terciptanya kegiatan pembinaan yang berkelanjutan kami menggelar program kemandirian ekonomi yang pada setiap pelatihan juga diikuti dan diawasi oleh sejumlah petugas," kata Kepala Lapas Ambon Mukhtar di Ambon, Rabu.

Menurut Mukhtar hal ini dimaksudkan agar petugas juga dapat dibekali dengan keterampilan yang sama sehingga ke depannya bisa menjadi instruktur dan ikut melatih WBP.

Pihaknya menggandeng berbagai pihak dalam program kemandirian ekonomi, salah satunya Dinas Ketahanan Pangan Kota Ambon.

Mukhtar menambahkan, sebagai upaya mengoptimalkan kemandirian ekonomi pada warga binaan, pihaknya telah melakukan program tersebut selama 12 hari terakhir yang diikuti sedikitnya 20 warga binaan.

"Di antara program kemandirian ekonomi yang dilakukan adalah agribisnis dan hidroponik, dengan metode teori dan praktik yang memberi hasil bagi warga binaan," kata dia.

Dengan program tersebut dirinya juga mengapresiasi warga binaan yang antusias dalam menjalani pelatihan yang diberikan oleh instruktur.

"Semoga kegiatan ini dapat memberikan modal berupa pengetahuan bagi WBP sekembalinya ke masyarakat kelak. Walaupun kegiatan yang digelar singkat namun tentunya memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi warga binaan,” kata Mukhtar.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024