Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) meminta kepala sekolah di daerah itu menghadirkan inovasi guna meningkatkan kualitas pendidikan.

"Para guru dan kepala sekolah juga harus berkompetisi untuk meningkatkan mutu pendidikan agar bisa menghadirkan generasi cerdas untuk daerah dan bangsa bahkan dunia," kata Penjabat Bupati Malteng Rakib Sahubawa dalam keterangan tertulis yang diterima di Ambon, Senin.

Hal itu dikatakannya saat melantik sebanyak 10 kepala sekolah tingkat SD dan SMP di lingkup Kabupaten Malteng.

"Para kepala sekolah harus dapat mengemban amanah yang dipercayakan dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab agar implementasi pada murid pun dapat memberikan hasil yang maksimal," ucapnya.

Menurut dia, hal itu sebagai pembuktian atas amanah yang telah diberikan pemerintah yang sudah sepatutnya sejalan dengan prestasi yang diberikan.

"Buktikan amanah yang telah kami berikan ini dengan prestasi kerja," kata Sahubawa.

Pada kesempatan itu ia juga mengimbau kepada para guru dan kepala sekolah untuk tetap menjaga dan mempertahankan integritas, loyalitas, disiplin, dan komitmen terhadap tugas dan fungsi, serta terus memacu diri untuk tetap bersemangat, berdedikasi, dan berprestasi melalui ide-ide dan inovasi dalam membangun pendidikan di Kabupaten Malteng.

Para kepala sekolah juga diminta untuk memiliki jiwa kepemimpinan yang mampu mengatur dan mengelola sistem pendidikan, sehingga mutu pendidikan sekolah dapat terukur sesuai transformasi pembelajaran.

"Saya meminta kepada kepala sekolah dan pengawas sekolah yang baru saja di lantik untuk mampu memimpin dan mengelola sekolah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan sesuai dengan transformasi pembelajaran.

Sahubawa berharap pelantikan itu dapat dijadikan titik memulai untuk mengatur dan mengendalikan arah sistem pembelajaran di sekolah bagi seorang guru.

"Saya berharap dengan pelantikan ini akan ada peningkatan mutu pendidikan, serta percepatan kinerja capaian pendidikan. Hal ini tidak lain karena kualitas sumber daya manusia yang kita miliki berhubungan erat dengan mutu dan kinerja pendidikan yang telah terlaksana,"ucapnya.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024