Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengembangkan kawasan percontohan atau modeling budi daya rumput laut di Kabupaten Maluku Tenggara.

"Maluku Tenggara menjadi lokasi budi daya, karena memiliki potensi besar untuk dikembangkan budi daya rumput laut," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Maluku Erawan Asikin, di Ambon, Rabu.

Ia mengatakan, bantuan modeling budi daya rumput laut di Maluku Tenggara berupa pembangunan unit produksi bibit rumput laut (UPBRL) kultur jaringan, kebun starter, kebun bibit rumput laut dan budi daya rumput laut.

Kultur jaringan untuk memproduksi benih rumput laut dan dianggap lebih baik dan tahan terhadap penyakit dan produksi.

Budi daya rumput laut bekerjasama dengan Balai Budidaya Laut di Tual untuk penggunaan laboratorium dan peralatan.

Bantuan lainnya, kata Erawan, dari Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, berupa mesin pengering rumput laut tenaga surya.

"Rumput laut tidak perlu dijemur tetapi dapat memanfaatkan mesin pengering dari tenaga surya," katanya lagi.

Pihaknya berharap, Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara dapat mengelola, memanfaatkan dan mengoperasionalkan modeling budi daya rumput laut ini dengan baik dan berkelanjutan. Terutama untuk penyediaan SDM yang bisa menangani produksi bibit rumput laut kultur jaringan di UPBRL.

Data Dinas Perikanan Kabupaten Maluku Tenggara memiliki luas lahan potensial budi daya rumput laut sebesar 8,6 ribu hektare, dengan jumlah pembudidaya sebanyak 2,2 ribu orang yang menggeluti budi daya rumput laut.

Ia menambahkan, budi daya rumput laut mendapat perhatian dari salah satu investor dari Taiwan, yang sementara mencari lahan dengan luas 2.500 hektare.

"Investor tersebut saat ini sementara berada di Malra untuk melakukan paparan ke penjabat Bupati, kami harapkan ke depan ada peluang investasi yang besar bagi peningkatan budi daya rumput laut," katanya pula.

Pemerintah Provinsi Maluku prinsipnya terbuka untuk peluang investasi, dengan memberikan kemudahan syarat yang dibutuhkan untuk proses investasi.

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: KKP mengembangkan percontohan budi daya rumput laut di Maluku Tenggara

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024