Ambon (Antara Maluku) - Gubernur Maluku, Said Assagaff memberikan apresiasi terpeliharanya stabilitas keamanan yang kondusif hingga pascapemilihan legislatif (Pileg) pada 9 April 2014.

"Ini menunjukkan semakin tingginya kesadaran masyarakat dalam menyukseskan penyelenggaraan pesta politik yang bermanfaat untuk menentukan perwakilan warga, baik di DPR, DPD, DPRD Maluku dan Kabupaten/Kota," katanya, di Ambon, Kamis.

Kondisi ini harus dipelihara karena Maluku membutuhkan terkendalinya stabilitas keamanan dalam upaya mendukung program pemerintahan, pembangunan dan pelayanan sosial.

Said yang yang dilantik bersama Wagub Zeth Sahuburua oleh Mendagri Gamawan Fauzi di Ambon pada 10 Maret 2014 itu optimistis kondisi ini terpelihara hingga penyelenggaraan Pilpres pada 9 Juli 2014.

"Sudah terbukti kesadaran dan peranserta masyarakat dalam memelihara stabilitas keamanan Maluku yang sukses menyelenggarakan berbagai kegiatan nasional maupun Internasional pada tiga tahun terakhir ini," ujarnya.

Karena itu, dia berharap keamanan yang juga menjadi syarat dalam upaya menarik minat investor untuk menanamkan modalnya di Maluku terpelihara kondusif sehingga pascapileg berlanjut hingga Pilpres pada 9 Juli 2014.

"Jadi atas nama Pemprov Maluku saya mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada penyelenggaran pemilu yakni KPU, Bawaslu, Panwaslu, PPK, PPS hingga tingkat KPPS, aparat kepolisian, pihak RT dan RW, Linmas dan terutama warga kota yang sukses menyelenggarakan Pileg," kata Gubernur.

Dia juga memprakirakan partisipasi pemilih saat Pileg menunjukan tingkat menggembirakan karena adanya kesadaran masyarakat menciptakan stabilitas keamanan kondusif.

"Kondisi keamanan Maluku kondusif karena aparat keamanan mengawal proses Pileg juga dengan baik, sehingga diharapkan situasi ini terpelihara ," ujar Gubernur.

Sebanyak 1.202.191 pemilih telah menentukan anggota DPR - RI asal Maluku yang hanya memiliki empat kursi dari Calegnya sebanyak 48 orang, sedangkan DPD - RI juga empat orang dari 25 Caleg.

Begitu pun memilih 45 anggota DPRD Maluku periode 2014 - 2019 serta DPRD sembilan kabupaten dan dua kota.

Pewarta: Lexy Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014